PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 BULU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Aslamin, Prihatin Nurul (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 BULU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (607Kb) | Preview

    Abstract

    Prihatin Nurul Aslamin. K7019152. IMPROVING STUDENT’S SKILL IN WRITING DESCRIPTIVE USING PICTURE AND PICTURE METHOD ON THE FIFTH GRADE OF SD NEGERI 03 BULU SUKOHARJO ACADEMIC YEAR 2012/2013. Skripsi. Surakarta : Teacher Training and education Faculty of Sebelas Maret University of Surakarta, July 2013. The purpose of the research is to improve student’s skill in writing descriptive using Picture and Picture method on the third grade students of SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo academic year 2012/2013. This research is classroom action research during two cycles. Each cycle consists of four phases : planning, implementing, observing, and reflecting. Subject of this research is the fifth grade students of SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo amount of 15 students which consists of 4 male and 11 female students. Data colecting techniques are interview, observation, test, and document. Data analyzing techniques is descriptive comparative analysis models by comparing the result of prior research conducted with the results at the and of each cycle after the research. The validity test of this research using content validity. The improvement of student’s skill in writing descriptive is proven by the rise of student’s score in writing descriptive in each cycle. In the pre-cycle phase, the average score of student’s ability in writing descriptive composition is 59,5 (40%), then in first cycle, the average score of student’s ability in writing descriptive composition increases to be 68,6 (66,7%), and the second cycle, the average score of student’s ability in writing descriptive composition also iincreases to be 76,5 (100%). Based on the research result which is held in two cycles, it can be concluded that Picture and Picture method can improve student’s skill in writing descriptive on the fifth grade students of SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo academic year 2012/2013. Keywords : writing descriptive skill, Picture and Picture Prihatin Nurul Aslamin. K7109152. PENINGKATAN KETERAMPIL- AN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 BULU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui metode Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 4 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil sebelum dilakukan penelitian dengan hasil pada akhir tiap siklus setelah penelitian. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi. Peningkatan menulis keterampilan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi siswa sebelum tindakan (prasiklus) hanya sebesar 59,5, pada siklus I nilai rata-rata keterampilan menlis deskripsi siswa menjadi 68,6, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) hanya sebanyak 6 siswa (40%), pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa (66,7%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 15 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bulu Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci : keterampilan menulis deskripsi, Picture and Picture

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 21 Apr 2014 13:08
    Last Modified: 21 Apr 2014 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12671

    Actions (login required)

    View Item