Analisis Tingkat Loyalitas Merek Pelanggan LKS Zamrut Pada CV. Putra Nugraha

Dewi, Dyah Ruthyka Pandya (2013) Analisis Tingkat Loyalitas Merek Pelanggan LKS Zamrut Pada CV. Putra Nugraha. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (558Kb) | Preview

    Abstract

    Menciptakan pelanggan yang loyal merupakan inti dari setiap kegiatan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas merek pelanggan LKS Zamrut berdasarkan tingkatan-tingkatan dari loyalitas merek. Tingkatan-tingkatan loyalitas merek meliputi switcher (berpindah-pindah merek), habitual buyer (pembeli bersifat kebiasaan), satisfied buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), likes the brand (menyukai merek), committed buyer (pembeli yang komit). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna LKS Zamrut lebih dari satu kali. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling, sampel diambil berdasarkan kriteria yang dirumuskan terlebih dahulu oleh peneliti menurut Durianto, dkk. Kriteria responden yaitu pengguna juga penentu LKS yang berhak dipakai oleh murid-murid. Berdasarkan survei kepada 100 responden menunjukkan bahwa mayoritas pengguna dan penentu LKS Zamrut bagi murid ajar adalah wanita, berusia >36 tahun, pekerjaan pegawai negri, dan pendapatan per bulannya >Rp 2.000.000,00. Analisis hasil tingkatan loyalitas merek antara lain: pada tingkatan switcher sebanyak 14%, tingkatan habitual buyer sebanyak 46%, tingkatan satisfied buyer sebanyak 82%, tingkatan likes the brand sebanyak 72% dan tingkatan analisis committed buyer sebanyak 35%. Hasil survey tingkatan loyalitas merek ini menggambarkan bentuk piramida terbalik, makin ke atas makin melebar. Namun terjadi penurunan pada tingkatan likes the brand dan commited buyer yang mengecil. Meskipun demikian pelanggan telah “puas” dan “suka” akan merek ini. Saran penulis bagi perusahaan ialah mempertahankan mutu materi yang digunakan, desain LKS yang menarik, harga yang kompetitif dan kualitas bahan kertas yang dipakai. Karena hal ini merupakan pertimbangan responden dalam menentukan buku LKS bagi murid-murid. Serta perlu ditingkatkan kerjasama pihak perusahaan dengan sekolah dalam pemenuhan buku LKS untuk menjaga hubungan baik dalam jangka waktu yang lama. Kata Kunci = Loyalitas Merek

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 21 Apr 2014 13:01
    Last Modified: 21 Apr 2014 13:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12669

    Actions (login required)

    View Item