PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK-HAK PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) SEBAGAI KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN

Dharma, Agustinus Danan Suka (2012) PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK-HAK PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) SEBAGAI KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (719Kb) | Preview

    Abstract

    Agustinus Danan S.D., E0008103. 2012. THE IMPLEMENTATION OF RIGHT FULFILMENT FOR THE PUBLIC HEALTH BENEFIT (JAMKESMAS) SERVICE USER PATIENT AS THE CONSUMER IN SRAGEN LOCAL GENERAL HOSPITAL. Faculty of Law of Surakarta Sebelas Maret University. This research aims to find out the implementation of right fulfillment for the Public Health Benefit (Jamkesmas) service user patient as the service consumer in medical area of Sragen Local General Hospital as well as to find out the regulation of legal protection for the Jamkesmas service user patient as the service consumer in medical area. This study was a normative law research that was prescriptive in nature, studying the implementation of right fulfillment for the Jamkesmas service user patient in Sragen Local General Hospital, as governed in the law, as well as studying the regulation of legal protection for the Jamkesmas user patient. The source of law material included primary and secondary law materials. Technique of collecting data used was document study and literature, interview, questionnaire and cyber media. Considering the result of research that has been conducted, it could be concluded that, about 90% Jamkesmas patients were satisfied with the health service the Sragen Local General Hospital had given, despite some patients’ feeling of unmet right. It was because the patients were less aware of their rights as the hospital’s patient. But, overall the hospital had implemented the patient’s right fulfillment well because in practice the Sragen Local General Hospital referred to the patient’s right governed in the enacted legislation. Meanwhile the legal protection regulation for the Jamkesmas user patient is generally the same as that for ordinary patient. The regulation of legal protection for the patients was included in Act Number 36 of 2009 about Health, Act Number of 44 of 2009 about Hospital, Act Number 29 of 2004 about Medical Practice, and Act Number 8 of 1999 about Consumer Protection. Basically, the patient protection in such the acts was intended to protect the patients’ rights in obtaining the health care, in order that the patient’s right was met as due by the hospitals or clinicians. Thus, the patient would be avoided from the harm, and would get secure feeling in the term of health care in hospital. While the patient experienced harm due to the clinician’s action, the patient protection would become a shield for the patients to strive for their rights that had been broken by the clinicians. Keywords: Jamkesmas Patient, Right Fulfillment, Legal Protection of Patient. Agustinus Danan S.D., E0008103. 2012. PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK-HAK PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) SEBAGAI KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak- hak pasien pengguna layanan Jamkesmas sebagai konsumen jasa di bidang medis di RSUD Sragen serta untuk mengetahui pengaturan perlindungan hukum bagi pasien pengguna layanan Jamkesmas sebagai konsumen jasa di bidang medis. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif, meneliti tentang pelaksanaan pemenuhan hak-hak pasien pengguna Jamkesmas di RSUD Sragen, sebagaimana hak tersebut telah diatur didalam undang-undang, serta mengkaji pengaturan perlindungan hukum bagi pasien pengguna Jamkesmas. Sumber bahan hukum meliputi sumber bahan hukum primer, sumber bahan hukum sekunder . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan bahan pustaka, wawancara, kuesioner, dan cyber media. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan, sebanyak 90% pasien Jamkesmas puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSUD Sragen. Meskipun masih ada beberapa pasien yang merasa tidak dipenuhi hak-haknya. Hal tersebut terjadi karena pasien Jamkesmas itu sendiri kurang memahami hak-haknya sebagai pasien rumah sakit. Namun secara keseluruhan, rumah sakit telah melaksanakan pemenuhan hak pasien secara baik karena dalam pelaksanaannya RSUD Sragen mengacu pada hak-hak pasien yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan pengaturan perlindungan hukum bagi pasien pengguna Jamkesmas pada umumnya sama dengan pasien biasa. Pengaturan perlindungan hukum bagi pasien terdapat pada, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran, dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pada dasarnya perlindungan pasien di dalam undang-undang tersebut ditujukan untuk melindungi hak-hak pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, agar hak pasien tersebut dipenuhi sebagaimana mestinya oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan. Sehingga pasien dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan pasien, sekaligus mendapatkan rasa aman dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sekalipun pasien mengalami kerugian atas tindakan tenaga kesehatan, perlindungan pasien tersebut menjadi tameng bagi pasien untuk menuntut kembali hak-haknya yang telah dilanggar oleh tenaga kesehatan. Kata kunci: Pasien Jamkesmas, Pemenuhan Hak, Perlindungan Hukum Pasien.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 21 Apr 2014 06:10
    Last Modified: 21 Apr 2014 06:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12666

    Actions (login required)

    View Item