IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (STUDI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI )

Wedaswari, Made (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (STUDI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (602Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Upaya pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan memperoleh pendidikan dan mutu pendidikan, serta menekan angka putus sekolah pemerintah memperluas akses pendidikan dasar yang lebih bermutu yang lebih merata dengan memberikan perhatian yang lebih besar kepada penduduk miskin. Perhatian tersebut berupa pemberian beasiswa bantuan siswa miskin ( BSM). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan program Bantuan Siswa Miskin yang dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri kabupaten Boyolali serta hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan program. Dalam penelitian ini ada 4 tahap penelitian yaitu menganalisis kesesuaian dokumen antara rencana dengan realisasinya, membandingkan dokumen dengan hasil dari key informant, membandingkan dengan hasil dari Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Boyolali, menganalisis hasil tahap sebelumnya dan membandingkan dengan hasil dari siswa yang menerima bantuan tersebut. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu melalui wawancara, observasi , dan kuisoner, sedangkan data sekuder melalui dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling dan snowball sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan pelaksaanaan program BSM pada SMP Negeri memiliki cara masing-masing dalam implementasi program tersebut. Pendataan siswa hingga pendistribusian dana dilakukan sesuai dengan kebijakan sekolah. Hal ini di dasari oleh keadaan atau kondisi lingkungan sekitar sekolah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di berbagai SMP Negeri di lima Kecamatan yang berbeda, yaitu Kecamata Mojosongo, Simo, Sambi, Nogosari serta Kecamatan Boyolali. Empat dari lima Kecamatan tersebut memiliki kesamaan daerah. Sekolah tersebut sama –sama berada di wilayah yang jauh dari kota. Sehingga pihak sekolah memiliki kebijakan tersendiri dalam pendataan maupun pendistribusian dana. Kata Kunci:  Implementasi  Program Bantuan Siswa Miskin

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:36
    Last Modified: 03 May 2014 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12660

    Actions (login required)

    View Item