PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PRAKTIK LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN II (PERSALINAN) MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN NYAI AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

PALIFIANA, DHESKA ARTHYKA (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PRAKTIK LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN II (PERSALINAN) MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN NYAI AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (275Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT Introduction : Student learning motivations can be analogized as a fuel to move learning motivation machine that will encourage student to behave actively to get achievement in the class room, but too strong motivation can influence adversely to the effectiveness of student effort. After the student passed the learning class then the student required to take practice exams in the laboratory. Laboratory practice is a real experience for student to learn how to apply the material already got in collage. The expected learning outcomes are usually referred to as academic achievement that are acquisitions of knowledge or skill that developed through subjects, usually indicated by test scores or grade given by teacher. Objectives : This study is conducted to relations the influence learning motivation and laboratory practices skills againts learning achievement of midwifery care II (maternal). The study was conducted in Midwifery Academi Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta. Research Metode : This research is a quantitative study using cross sectional approach. The sampling technique in this study is total sampling. The hypothesis that has been proposed used multiple linier regression analysis were first tested the requirement test. Result and Conclusion : The hypothesis test report: (1) Ha accepted because the p value as 0,000, it means there is influence learning motivation againts learning achievement of midwifery care II, (2) Ha accepted because the p value as 0,000, it means there is influence laboratory practices skills againts learning achievement of midwifery care II, (3) Ha accepted because the p value as 0,000, it means there is influence learning motivation and laboratory practices skills againts learning achievement of midwifery care II. Keywords: Learning motivation, laboratory practices skills, learning achievement ABSTRAK Pendahuluan : Motivasi belajar siswa dapat dianalogikan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin. Motivasi belajar yang memadai akan mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi dalam kelas, tetapi motivasi yang terlalu kuat justru dapat berpengaruh negatif terhadap keefektifan usaha belajar siswa. Setelah mahasiswa dinyatakan lulus dalam pembelajaran dikelas, maka mahasiswa diharuskan untuk mengikuti ujian praktik di laboratorium. Praktik laboratorium merupakan bentuk pengalaman nyata bagi mahasiswa untuk belajar menerapkan materi yang sudah didapatkan di perkuliahan. Hasil belajar yang diharapkan biasanya disebut dengan prestasi belajar yaitu penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keterampilan praktik laboratorium terhadap prestasi belajar asuhan kebidanan II (persalinan). Penelitian ini dilaksanakan di Akbid Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta Prodi D III Kebidanan. Metodologi Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Untuk pengujian hipotesis yang telah diajukan, dilakukan dengan analisa regresi linier berganda yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan. Hasil dan Kesimpulan : Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : (1). Ha diterima karena p value 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar asuhan kebidanan II (persalinan), (2). Ha diterima karena p value 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan praktik laboratorium terhadap prestasi belajar asuhan kebidanan II (persalinan), (3). Ha diterima karena p value 0,000 yang artinya Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan keterampilan praktik laboratorium terhadap prestasi belajar asuhan kebidanan II (persalinan). Kata Kunci : Motivasi Belajar, Keterampilan Praktik Laboratorium, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:39
    Last Modified: 03 May 2014 17:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12654

    Actions (login required)

    View Item