MODEL PEMBELAJARAN NASIONALISM PROJECT CITIZEN PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK MEWUJUDKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR KEPADA PESERTA DIDIK

Permata, Rima Vien (2012) MODEL PEMBELAJARAN NASIONALISM PROJECT CITIZEN PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK MEWUJUDKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR KEPADA PESERTA DIDIK. -.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (67Kb) | Preview

    Abstract

    Perubahan masyarakat berjalan begitu cepat, dan sistem sosialpun mengalami perubahan yang cukup signifikan.Dilematika perubahan sosial tersebut mempengaruhi perubahan individu, dan berdampak pula terhadap bidang kehidupan yang lainnya.Salah satunya bidang pendidikanpun tidak bisa terlepas dari dampak perubahan sosial tersebut. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata ajar yang berbasis nilai akan menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Perubahan sosial dalam masyarakat dapat juga berdampak terhadap pergeseran nilai – nilai nasionalisme yang dapat menganggu internalisasi nilai sebagaimana yang diusung dalam mata ajar Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis nasionalisme di sekolah demi mewujudkan karakter cinta tanah air pada peserta didik, dalam hal ini model pembelajaran yang dikembangkan adalah Nasionalism Project Citizen (NPC.)

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 21 Apr 2014 00:02
    Last Modified: 21 Apr 2014 00:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12648

    Actions (login required)

    View Item