PENGARUH STRATEGI KNOW WANT TO LEARN (KWL) DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA SMP NEGERI DI TEMANGGUNG

Harsono, Amiliya Setiya Rina and Fuady, Amir and Saddhono, Kundharu (2012) PENGARUH STRATEGI KNOW WANT TO LEARN (KWL) DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA SMP NEGERI DI TEMANGGUNG. PENGARUH STRATEGI KNOW WANT TO LEARN (KWL) DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA SMP NEGERI DI TEMANGGUNG, 1 (1). pp. 53-64. ISSN I2302-6405

[img] PDF - Published Version
Download (576Kb)

    Abstract

    Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya: (1) pengaruh strategi membaca Know Want to Learn (KWL) terhadap kemampuan membaca intensif siswa; (2) pengaruh minat baca tinggi dan rendah terhadap kemampuan membaca intensif siswa; dan (3) interaksi antara strategi membaca dan minat baca terhadap kemampuan membaca intensif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2011/2012. Analisa data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca intensif siswa yang diajar dengan strategi KWL dan konvensional, yaitu kemampuan membaca intensif siswa yang diajar dengan strategi KWL lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan strategi konvensional. (2) terdapat perbedaan kemampuan membaca intensif siswa yang mempunyai minat baca tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat baca rendah yang ditunjukkan rerata siswa yang memiliki minat baca tinggi 77,80, sedangkan rerata siswa yang memiliki minat baca rendah 69,91, dan (3) tidak ada interaksi antara strategi membaca dengan minat baca terhadap kemampuan membaca intensif siswa. Kata kunci: metode know want to learn, minat membaca, keterampilan membaca, eksperimen

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Users 838 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:36
    Last Modified: 09 Jul 2013 00:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1264

    Actions (login required)

    View Item