PENYEBAB DAN REMEDIASI MISKONSEPSI GAYA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DAN MODUL

Saputri, Dwi Fajar and Cari, and Sarwanto, (2012) PENYEBAB DAN REMEDIASI MISKONSEPSI GAYA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DAN MODUL. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (125Kb) | Preview

    Abstract

    Masih banyak mahasiswa yang mempercayai pemahaman yang salah tentang konsep gaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil miskonsepsi sebelum dan sesudah diremediasi dengan menggunakan multimedia dan modul, serta menemukan faktor-faktor penyebab miskonsepsi mahasiswa dalam memahami konsep gaya di STKIP-PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan analisis deskriptif. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester II STKIP-PGRI Pontianak tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Remediasi kelas eksperimen 1 menggunakan multimedia dan pada kelas eksperimen 2 menggunakan modul. Alat pengumpul data yang digunakan ada dua yaitu tes diagnostik disertai alasan dilengkapi CRI untuk mengetahui profil miskonsepsi dan wawancara mendalam digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi. Setelah dilakukan analisis diketahui prosentase penurunan jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi untuk tiap indikator. Kelas eksperimen 1 yaitu mahasiswa yang diremediasi menggunakan multimedia prosentase penurunan profil miskonsepsinya sebagai berikut: 1) menggambar diagram vektor gaya normal sebesar 76,9%; 2) menjelaskan bahwa massa berbeda dengan gaya berat dan menjelaskan bahwa massa selalu tetap, tidak dipengaruhi percepatan gravitasi sebesar 100%; 3) menggambar diagram vektor gaya berat sebesar 66,67%; 4) menentukan resultan gaya pada keadaan setimbang sebesar 66,67%; 5) menyebutkan definisi pasangan gaya aksi reaksi, menyebutkan pasangan gaya aksi reaksi, menentukan besarnya gaya pasangan aksi reaksi, dan menentukan hubungan antara berat dan waktu yang diperlukan pada saat benda jatuh bebas sebesar 100%; 6) menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya gesekan sebesar 33,3%. Dan kelas eksperimen 2 proporsi penurunan profil miskonsepsinya adalah sebagai berikut: 1) menggambar diagram vektor gaya normal menggambar diagram vektor gaya berat sebesar 100%; 2) menjelaskan bahwa massa berbeda dengan gaya berat sebesar 66,67% dan menjelaskan bahwa massa selalu tetap, tidak dipengaruhi percepatan gravitasi sebesar 25%; 3) menggambar diagram vektor gaya berat sebesar 85,7%; 4) menentukan resultan gaya pada keadaan setimbang sebesar 67,9%; 5) menyebutkan definisi pasangan gaya aksi reaksi, menyebutkan pasangan gaya aksi reaksi, menentukan besarnya gaya pasangan aksi reaksi, dan menentukan hubungan antara berat dan waktu yang diperlukan pada saat benda jatuh bebas sebesar 100%; 6) menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya gesekan sebesar 42,86%. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi yaitu intuisi, bentuk matematis, pembatasan definisi, dan bahasa.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 20 Apr 2014 19:16
    Last Modified: 20 Apr 2014 19:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12616

    Actions (login required)

    View Item