Revitalisasi Seni Pertunjukan Dongkrek sebagai Upaya Penguatan Identitas Daerah dan Pengembangan Aset Wisata Budaya di Kabupaten Madiun Jawa Timur

Wahyuningsih, Sri and Prabawati , Sawitri Pri and Febriary , Insiwi (2012) Revitalisasi Seni Pertunjukan Dongkrek sebagai Upaya Penguatan Identitas Daerah dan Pengembangan Aset Wisata Budaya di Kabupaten Madiun Jawa Timur. -.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (118Kb) | Preview

    Abstract

    Kesenian dongkrek merupakan salah satu jenis pertunjukan tradisional berwujud tarian dan cerita yang dipentaskan mengambil cerita pertarungan antara seorang kakek sakti dengan kawanan gendruwo yang akhirnya dimenangkan oleh kakek sakti. Kesenian dongkrek merupaan kesenian khas daerah Madiun yang sekarang ini hampir punah, karena semakin jarang orang yang mau menampilkan kesenian ini. Agar kesenian ini tidak punah, perlu mendapat perhatian dari seluruh masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan. Salah satu cara untuk merevitalisasi kesenian ini adalah melalui industri kreatif di bidang wisata yaitu mengkaitkannya dengan dunia pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kondis i seni pertunjukan dongkrek di Kabupaten Madiun. (2) Mengetahui potensi seni pertunjukan dongkrek bagi penguatan daerah dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Madiun. (3) Mengetahui upaya pemerintah, seniman dongkrek dan pelaku pariwisata Kabupaten Madiun dalam merevitalisasi potensi seni pertunjukan dongkrek bagi perkembangan dunia wisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui pengumpulan sumber dokumen, wawancara dengan informan, dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis yang akhirnya disajikan dalam bentuk laporan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pementasan kesenian dongkrek dapat diberdayakan untuk menjadi daya tarik wisata budaya di Kabupaten Madiun. Agar dapat menjadi daya tarik wisata, maka kesenian tradisional dongkrek harus memperoleh sentuhan-sentuhan manajeman dan entertaimen. Dunia pariwisata adalah dunia kemasan sehingga para seniman dongkrek harus sadar bahwa apabila keseniannya ingin diakses dalam dunia wisata, maka mereka harus mengemas dengan baik, sehingga benar-benar dapat menjadi tontonan yang menghibur. Itulah sebabnya unsur hiburan dan manajemen pertunjukan perlu diberikan kepada para seniman dongkrek, disamping perlunya ditumbuhkan sikap-sikap profesional, inovatif dan kreativitis. Kesimpulannya, kesenian dongkrek memiliki peluang untuk direvitalisasi dan menjadi aset atraksi wisata budaya, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan senimannya.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 20 Apr 2014 19:16
    Last Modified: 20 Apr 2014 19:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12615

    Actions (login required)

    View Item