PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SIMULATION BASED LABORATORY (SBL) DAN VIDEO BASED LABORATORY (VBL)

Setiono, Fahrizal Eko and Sarwanto, and Suparmi, (2012) PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SIMULATION BASED LABORATORY (SBL) DAN VIDEO BASED LABORATORY (VBL). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (105Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen melalui SBL dan VBL, kemampuan analisis, dan kemampuan berfikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dan dilaksanakan di SMA N 3 Surakarta. Populasi semua siswa kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013 terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel sebanyak 2 kelas, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan pembelajaran melalui metode eksperimen menggunakan SBL dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen II melalui metode eksperimen menggunakan VBL. Pengambilan data melalui teknik tes untuk prestasi kognitif, kemampuan analisis, kemampuan berfikir kreatif; angket dan observasi untuk prestasi afektif. Teknik analisis data menggunakan anava tiga jalan dan teknik non-parametrik Kruskall Wallis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada pengaruh problem based learning menggunakan metode eksperimen melalui VBL dan SBL terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (2) tidak ada pengaruh kemampuan analisis kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (3) tidak ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (4) tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen dengan kemampuan analisis siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (5) tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen dengan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (6) tidak ada interaksi antara kemampuan analisis dan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (7) tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen, kemampuan analisis siswa dan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar siswa

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 20 Apr 2014 18:48
    Last Modified: 20 Apr 2014 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12613

    Actions (login required)

    View Item