Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi E-Business dengan Technology Acceptance dan Ajax Untuk Meningkatkan Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Pedesaan

Sabandi, Muhamad and Pambudi, Dhidhi and Sohidin, (2011) Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi E-Business dengan Technology Acceptance dan Ajax Untuk Meningkatkan Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Pedesaan. .

[img] Microsoft Word (E-business, Koperasi Simpan Pinjam, Waterfall, Kesuksesan Sistem Informasi, DeLone dan McLean, Structural Equation Model.) - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Hasil penelitian tahun ke-I telah teridentifikasi dan tersusun model kebutuhan, model keinginan, dan spesifikasi sistem e-business yang diinginkan pegawai dan manajer KSP. Tujuan penelitian tahun ke-II adalah mengembangkan sistem informasi e-business yang disusun berdasarkan model penerimaan dan model keinginan yang telah dihasilkan pada tahun-I. Sistem dikembangkan untuk mempermudah transaksi, perencanaan bisnis, dan dikembangkan ke arah model transaksi elektronik (e-banking), transaksi SMS (SMS-banking), dan pemasaran (ecommerce). Pengembangan sistem informasi menggunakan metode waterfall dipadukan dengan AGILE. Sistem setelah tersusun kemudian diimplementasikan dan diuji tingkat kesuksesan dan dampaknya terhadap kinerja KSP sendiri, nasabah, dan sosial masyarakat. Pengujian penerimaan dan kesuksesan masing-masing mengimplementasikan model TAM dari Davis dan model kesuksesan dari D&M IS Success Model. Hubungan antar variabel dan dampaknya dianalisis Structural Equation Model (SEM). Hasil pengembangan sistem e-business diperoleh sistem yang sederhana, karena: 1) berjalan pada server dan dijalankan dengan sebuah browser, 2) dikembangkan dengan menggunakan teknologi AJAX pada PHP, dan 3) database server menggunakan menggunakan MySQL database server. Spesifikasi yang sederhana pula, seperti: 1) processor sekelas Pentium 4, atau diatasnya, 2) RAM 512MB atau diatasnya, 3) VGA support 15”monitor resolusi minimum 1024x768 pixel, 4) modem GSM/CDMA untuk pengiriman SMS. Sistem informasi e-business yang dikembangkan dalam penelitian ini mudah dioperasikan, fiturnya yang lengkap, mampu menyelesaikan berbagai transaksi, dan aman untuk bertransaksi. Menu-menu e-business adalah: 1) Menu informasi, menampilkan syarat-syarat menjadi anggota, ketentuan-ketentuan simpanan, ketentuan-ketentuan pemberian pinjaman, ketentuan-ketentuan pemberian bunga dan lain sebagainya. 2) Menu simpanan, yang dapat digunakan untuk melakukan memproses pelayanan simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, simpanan lainnya, cek saldo, penarikan, dan transfer secara online. Informasi transaksi disajikan secara real time, menu SMS banking., dan sistem dikembangkan bersifat open source. Sistem e-business yang dihasilkan dapat membantu memecahkan masalah tugas KSP, membantu meningkatkan kinerja, mempercepat pekerjaan, meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan efektifitas kerja. Sistem e-business dapat diakses dengan cepat, koneksi dapat dipercaya, cepat untuk men-download, dan tidak sering error. Sistem e-business mempunyai fitur-fitur yang menarik, informasi on-line . Ebusiness menyediakan informasi yang sesuai harapan, menyediakan informasi yang sesuai tugas, dan menyediakan informasi yang mempermudah operasi KSP. Pengujian menemukan bahwa sistem e-business yang dikembangkan akurat, relevan, mudah untuk dipahami, dan lengkap informasinya. Faktor-faktor ini ternyata dapat berdampak terhadap efektifitas dalam pelayanan (service effectiveness), pengurangan biaya-biaya operasi (operating costs reduction), dan pengurangan staff (staff reduction). Perbaikan dalam pelayanan, penurunan biaya-biaya operasi, dan beban karyawan ternyata dapat mendorong peningkatan simpanan dan peningkatan pendapatan KSP.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 20 Apr 2014 13:32
    Last Modified: 20 Apr 2014 13:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12602

    Actions (login required)

    View Item