PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN

WA, Suwarto and Amir, and Hadiyah, (2013) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN. .

[img] PDF - Published Version
Download (397Kb)

    Abstract

    Tujuan umum dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, sedangkan Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran PKn yang terjadi dengan menggunakan media audio-visual. 2) Untuk membuktikan bahwa hasil belajar PKn dalam materi ’pengenalan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat’ dapat meningkat dengan proses pembelajaran yang menggunakan media audio-visual. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Dadapsari No.129 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa Kelas III SDN Dadapsari No.129 Surakarta sejumlah 43 siswa dengan distribusi siswa laki-laki 19 siswa dan siswa perempuan ada 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media audio-visual pada siswa kelas III SDN Dadapsari No. 129 Pasar Kliwon Surakarta tahun pelajaran 2010 / 2011, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: melalui penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan pengenalan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat pada siswa kelas III SD Negeri Dadapsari No. 129 Pasar Kliwon Surakarta tahun pelajaran 2010 / 2011. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 54,51; siklus pertama 72,42; dan pada siklus kedua naik menjadi 85,93. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan 60) pada tes awal 46,51%, tes siklus pertama 86,95%, dan pada tes siklus kedua siswa belajar tuntas mencapai 100%. Penelitian ini telah membuktikan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarga negaraan melalui penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada materi aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru untuk meningkatkan keterampilan mempergunakan media audio-visual dalam pembelajaran dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehubungan dengan pemahaman dan hasil belajar siswa yang akan dicapai. Kata Kunci: media audio-visual, hasil belajar PKn.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:34
    Last Modified: 01 Sep 2016 11:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1260

    Actions (login required)

    View Item