OMUNIKASI PERSUASI AGEN ASURANSI PT EQUITY LIFE INDONESIA TERHADAP CALON NASABAH (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasi Agen Asuransi MDRT PT Equity Life Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta)

Totonavo, Evayasaro (2013) OMUNIKASI PERSUASI AGEN ASURANSI PT EQUITY LIFE INDONESIA TERHADAP CALON NASABAH (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasi Agen Asuransi MDRT PT Equity Life Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (283Kb) | Preview

    Abstract

    Evayasaro Totonavo, D0209032, PERSUASIVE COMMUNICATION OF INSURANCE AGENT OF PT EQUITY LIFE INDONESIA TOWARD PROSPECTIVE (Qualitative Descriptive Research of Persuasive Communication of MDRT Insurance Agent of PT Equity Life Indonesia Branch Yogyakarta) final assignment, Communication Study, Social and Political Science, Sebelas Maret of University. The competence of interpersonal communication like grammatical, tone of voice, speaking style has a huge contribution to success on selling. This study will describe the view of MDRT insurance agent of PT Equity Life Indonesia to persuasion and how they use this persuasion skill to sell, convince and closing with a customer. This study will describe the area of persuasive communication which embedded in MDRT insurance agent, such as: speaking style, words choosing, voice tone, eye contact, gesture, etcetera. Agent’s perception to each indicator above will be studied in this book. The difference between agent’s competence persuasion will be investigated. Interview was held with 6 MDRT insurance agent and 6 customer from each its agent. Meanwhile the observation was held when a prospecting with 6 customer candidate was happening, to understand how persuasion’s going on. MDRT agent initially attract customer by describing the benefit if someone has a financial warranty, associated with accessories they worn. Their credibility had been proven with their experience in other insurance company before, and the closing on the spot they often did. Exploiting the customer momentum is one of the new practical persuasion which hasn’t been on the theory. Refer to the theories, the practical persuasion of MDRT agent is quite relevant to the concept suggested by theorist. Those insurance MDRT agent is actually can develop their persuasion ability. Looking more important to body gesture can not only applied to the middle up customer, but also the middle low one. The persuasive communication which applied by this MDRT agent, should be a benchmark to the other agent. Evayasaro Totonavo, D0209032, KOMUNIKASI PERSUASI AGEN ASURANSI PT EQUITY LIFE INDONESIA TERHADAP CALON NASABAH (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasi Agen Asuransi MDRT PT Equity Life Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 2013. Keterampilan berkomunikasi seperti seperti tata bahasa, intonasi suara, gaya bahasa sangat mempengaruhi keberhasilan dalam penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana agen-agen asuransi MDRT PT Equity Life Indonesia memandang komunikasi persuasi dan bagaimana mereka menggunakan keterampilan persuasi untuk menawarkan, meyakinkan dan mencapai closing dengan calon nasabah. Penelitian ini mendeskripsikan area-area komunikasi persuasi yang melekat pada diri agen asuransi MDRT seperti: gaya bahasa, pemilihan kosakata, intonasi suara, kontak mata, bahasa tubuh dan lainnya. Persepsi agen pada masing-masing indikator persuasi di atas akan dibahas. Perbedaan keterampilan persuasi antara agen satu dengan yang lainnya juga akan dijabarkan. Wawancara dilakukan kepada 6 orang agen asuransi MDRT dan 6 orang nasabah dari agen tersebut. Sedangkan pengamatan dilakukan ketika proses prospekting berlangsung dengan 6 calon nasabah dari masing-masing agen tersebut, untuk mengetahui proses persuasi yang berlangsung. Agen berusaha menarik calon pelanggan pertama-tama dengan memberikan gambaran manfaat asuransi lewat penampilan mereka. Kredibilitas agen MDRT dibuktikan dengan pengalaman yang mereka miliki, baik ketika berprofesi diperusahaan asuransi lain, maupun karakteristik closing on the spot yang biasa dilakukan. Konsep memanfaatkan momentum seperti yang dilakukan agen MDRT ini, merupakan sebuah praktik baru yang belum ada dalam konsep di bab awal. Mengacu pada teori-teori yang diajukan para ahli pada bab awal, persuasi yang diterapkan para agen asuransi MDRT ini cukup relevan dengan konsep yang dirumuskan para ahli tersebut. Merujuk pada teori, para agen MDRT ini dapat lebih lagi mengembangkan keterampilan persuasi. Memandang penting gesture tubuh, gerak tubuh bisa diterapkan tidak saja terhadap calon-calon nasabah kelas ekonomi menengah ke atas, namun juga pada calon nasabah seperti daerah pedesaan, dan pada pedagang-pedagang di satu wilayah perbelanjaan. Apa yang diterapkan agen MDRT ini dapat menjadi benchmark bagi agen-agen asuransi lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 20 Apr 2014 12:49
    Last Modified: 20 Apr 2014 12:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12593

    Actions (login required)

    View Item