Hubungan Antara Kadar Haemoglobin (Hb) dengan Kelelahan Kerja dan Produktivitas pada Pekerja Pabrik Batik Tulis di Kota Surakarta

Sjarifah, Ipop and Ismayenti, Lusi and Qadrijati, Isna (2012) Hubungan Antara Kadar Haemoglobin (Hb) dengan Kelelahan Kerja dan Produktivitas pada Pekerja Pabrik Batik Tulis di Kota Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Para pekerja wanita batik tulis di Surakarta lebih rawan terjadi penurunan kadar Hb, sehubungan dengan siklus menstruasi tiap bulan, adanya penurunan kadar Hb (anemia) mengurangi oksigenasi di otak dan tubuh karena salah satu fungsi Hb adalah suplai oksigen dan nutrisi jaringan. Para pekerja batik tulis pada prosesnya membutuhkan konsentrasi yang tinggi serta posisi yang cenderung tetap dan dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya produktivitas kerja akan turun. Dalam penelitian ini akan meneliti tentang hubungan antara kadar Hb dengan kelelahan dan produktivitas pada pekerja batik tulis di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional, dengan pendekatan crossectional jumlah populasi 140 orang, sebagai sampel 69 orang, pengambilan sampel berupa kadar Hb darah pekerja dikorelasikan dengan kelelahan kerja para pekerja yang diukur dengan menggunakan alat reaction timer L77 Lakasidaya serta kuesioner alat ukur kelelahan kerja. Untuk mengetahui produktivitas dari pekerja digunakan target produksi tiap orang dari perusahaan dibandingkan dengan hasil produksi tiap orang di lapangan.Untuk lebih homogen populasi sampel, pada penelitian ini dilakukan pada karyawan wanita dengan usia produktif, yaitu usia 20 – 50 tahun. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Homogenitas Kolmogorov Smirnov, Uji parametrik dengan Uji Korelasi Pearson Product Moment (IBM SPSS Statistics (32bit) 21.0). Dari analisis data menggunakan, Uji parametrik dengan Uji Korelasi Pearson Product Moment (IBM SPSS Statistics (32bit) 21.0), Uji statistik kadar Hb dengan kelelahan, tingkat keyakinan 95%, di dapatkan nilai p = 0,361 (p > 0,05) yang berati tidak ada korelasi. Uji statistik kadar Hb dengan produktivitas, tingkat keyakinan 95%, di dapatkan nilai p = 0,704 (p > 0,05) yang berati tidak ada korelasi. Tidak ada hubungan antara kadar Hb dengan kelelahan kerja dan tidak ada hubungan antara kadar Hb dengan produktivitas kerja pada pekerja pabrik batik tulis di kota Surakarta. Faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja dan produktivitas bukan kadar Hb, kemungkinan dari faktor lain. Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan wawancara dengan subjek penelitian didapatkan sebagian besar subjek penelitian menderita infeksi saluran kemih karena didapatkan kristal Ca-Oksalat, lekosit, kristal amorf, bakteri didalam urine, serta pemeriksaan darah menunjukkan LED meningkat. Hal ini kemungkinan dikarenakan komposisi air minum yang tersedia mengandung kapur atau karena pengaruh dari subjek penelitian yang duduk telalu lama pada saat membatik.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 22:12
    Last Modified: 19 Apr 2014 22:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12572

    Actions (login required)

    View Item