UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

RUSDIYATI, RD (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (185Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rusdiyati.K3304051.UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2009. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Teras Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini. adalah siswa SMA Negeri I Teras Boyolali Kelas XI IPA I Teras Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dari siklus ke siklus. Ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I dan II untuk visual activities berturut-turut adalah 91% dan 95%, untuk oral activities dalam memberikan/menanggapi pendapat 18% dan 27%, untuk oral activities dalam bertanya/menjawab pertanyaan dari guru/anggota kelompok 26% dan 33%, untuk writing activities dalam menulis dan mengumpulkan laporan praktikum pada siklus I sudah mencapai target yaitu 95%, untuk writing activities dalam mengerjakan soal-soal LKS mencapai 97% pada siklus I dan 100% pada siklus II, walaupun pada siklus I sudah mencapai target, pelaksanaan aktivitas ini pada siklus II digunakan untuk memperbaiki prestasi kognitif. Untuk motor activities pada siklus I sudah mencapai target, yaitu 100%. Untuk prestasi belajar (kognitif) mencapai 67% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Untuk prestasi afektif, 67% siswa mendapat nilai A dan 33% siswa mendapat nilai B. Untuk prestasi psikomotor pada siklus I sudah mencapai target, yaitu pada praktikum reaksi eksoterm dan endoterm, 71% siswa mendapat nilai 3 dan 29% siswa mendapat nilai 2, sedangkan pada praktikum netralisasi asam basa, 72% siswa mendapat nilai 3 dan 28% siswa mendapat nilai 2. Pada akhir pembelajaran siklus II sebanyak 97 % memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa pada materi pokok termokimia. ABSTRACT Rusdiyati. K3304051. THE EFFORT TO INCREASE OF STUDENT’S ACTIVITIES AND ACHIEVEMENT STUDY ON THE SUBJECT THERMOCHEMISTRY WITH APPLYING GUIDED INQUIRY OF STUDENTS AT XI-IPA CLASS OF SMA N I TERAS BOYOLALI EDUCATION YEAR 2008/2009. Minor Thesis. Surakarta.Teaching and Education Knowledge Faculty. Sebelas Maret University. September 2009. The aim of this research are to increase of student’s activities and achievement study on the main subject thermochemistry with applying guided inquiry method of students at XI IPA class of SMA N I Teras Boyolali education year 2008/2009. This research is classroom action research, that have been design in 2 step. Every step include planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research are students of SMA N I Teras Boyolali at XI-IPA I classroom education year 2008/2009, and the object of this research are activities and achievement study. Analysis method that have been used were qualitatif descriptive. The result of this research showed increasing of student’s activities and achievement in every step. The student’s activities in step I and II to visual activities in a row are 91% and 95%, to oral activities in giving/respon to the opinion 18% and 27%, to oral activities in asking/answering of questions from teacher/member of group 26% and 33%, for writing activity in writing and collecting practikum report in step I was reached of target is 95%, for writing activities in doing of task in LKS is 97% in step I and 100% in step II, eventhough in step I was reached of target, doing this activities in step II for fixing in Achievement’s study. To motor activities was reached in step I, is 100%. To achievement’s study 67% in step I and 100% in step II. To afective’s achievement, 67% student have grade A and 33% students have grade B. To psycomotor in step I was reached, in practical work eksoterm and endoterm reaction in step I, 71% have grade 3 and 29% have grade 2, to practical work acidbase neutral in step I, 72% have grade 3 and 28% have grade 2. At the last teach in step II, 97% give a positive respons to the learning with applying guided inquiry. So can be simply that aplication of guided inquiry can increase student’s activities and achievement on the main subject of thermochemistry.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 20:58
    Last Modified: 19 Apr 2014 20:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12541

    Actions (login required)

    View Item