Analisis Molekuler Candida Albicans pada Pasien HIV Rumah Sakit DR Moewardi Surakarta Sebagai Bahan Pembuatan Kit Diagnosis Berbasis Isolat Lokal

Dharmawan, Ruben and Murkati, (2012) Analisis Molekuler Candida Albicans pada Pasien HIV Rumah Sakit DR Moewardi Surakarta Sebagai Bahan Pembuatan Kit Diagnosis Berbasis Isolat Lokal. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mendapatkan isolat dan data analisis molekuler Candida albicans pada pasien HIV di Rumah Sakit Dr. Moewardi (RSDM) Surakarta untuk bahan pembuatan kit diagnosis Candida albicans berbasis isolat lokal. Data tersebut sekaligus untuk menunjang data koinfeksi dan melengkapi data epidemiologi molekuler human blood borne virus pada pasien tersebut. Sejak Oktober 2011 Group Riset Blood Borne Virus UNS telah melakukan monitoring semua pasien HIV di RSDM (baik pasien di Voluntary Counseling Testing maupun pasien bangsal) dengan mengumpulkan data dan sampel klinis dari pasien tersebut. Monitoring itu sendiri direncanakan dilakukan setiap tahun hingga 2026. Semua sampel klinis dianalisis secara komprehensif, baik terkait status infeksi human blood borne virus, efek samping, perkembangan klinis, maupun koinfeksi dengan patogen lainnya (bakteri, jamur, dan parasit). Salah satu jenis jamur yang diperiksa adalah Candida albicans, pada sampel darah, menggunakan metode konvensional maupun molekuler. Laporan ini hanya untuk melaporkan hasil pemeriksaan molekuler dari darah saja. Pada prinsipnya, darah dari pasien HIV dideteksi dengan PCR nested multiplek yang dapat mendeteksi keberadaan Candida albicans. Produk PCR positif dan atau kloning gen utuh kemudian akan disekuensing secara langsung dan dianalisis molekuler. Semua data yang didapat akan dijadikan satu dengan data lain terkait dan akan dianalisis secara komprehensif. Isolat dan data molekuler awal hasil penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kit diagnosis Candida albicans.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 20:47
    Last Modified: 19 Apr 2014 20:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12528

    Actions (login required)

    View Item