KAJIAN INTERTEKSTUAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL AYAT AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL KASIDAH KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDIN

Wulandari, Suci (2013) KAJIAN INTERTEKSTUAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL AYAT AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL KASIDAH KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (413Kb) | Preview

    Abstract

    Suci Wulandari. INTERTEXTUALITY AND EDUCATION VALUE STUDY IN NOVEL AYAT-AYAT CINTA BY HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY AND NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA BY MUHAMMAD MUHYIDIN. Research Paper, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. Surakarta, Mei 2013. The purpose of this research is to know the aspect of intertextuality and education value study in novel Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy and novel Kasidah-Kasidah Cinta by Muhammad Muhyidin. The writer employs descriptive-qualitative by content analysis method. As the subject are novel Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy and novel Kasidah-Kasidah Cinta by Muhammad Muhyidin. The data sources are the documents, there are novel Ayat-ayat Cinta and Kasidah-kasidah Cinta, interview’s outcome with the informant. The techniques of data collection are the depth interview with the informant and document analysis. The data validity uses theory triangulation and data triangulation. The data analysis technique uses the interactive analysis, that consist of three components; 1) data reduction, 2) data presentation, and 3) conclusion. That Result of research indicate that: (1) there is an interintrinsic element relationship in novel Ayat-ayat Cinta and Kasidah-kasidah Cinta they are the similarities of theme, plot, and message and the differences of characterization, point of view, setting of place and time. (2) novel Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy is the hypogram of novel Kasidah-Kasidah Cinta by Muhammad Muhyidin. In the other word, Kasidah-kasidah Cinta is the transformational text of Ayat-ayat Cinta. (3) The positiveness of Ayat-ayat Cinta is having love theme and love scene, but delivered prettily, syar’i, and far from vulgar impression, then the negativeness, Noura slanders Fahri by violating accusation that can cause the major character get the capital punishment. The positiveness of Kasidah-kasidah Cinta: in this novel, the writer success build the plot and dreadful conflict, but the negativeness, Central Java used as story setting in this novel, but cultural element of Java don’t too shown in this novel. (4) The education value reflected in the novels are; religious value that there is prohibition between man and woman together without muhrim; moral value, do not instigate other person; social value, keep the harmony; esthetics value; the gorgeousness of physic, metaphor, and diction choice. Based on the result of this research can be concluded that a novel Ayat- Ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy is the hypogram of novel Kasidah- Kasidah Cinta by Muhammad Muhyidin. In the other word, Kasidah-kasidah Cinta is the transformational text of Ayat-ayat Cinta. Keywords: intertextuality, education value, Ayat-ayat Cinta, Kasidah-kasidah Cinta. commit to user Suci Wulandari. KAJIAN INTERTEKSTUAL DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL KASIDAH-KASIDAH CINTA KARYA MUHAMMAD MUHYIDIN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek intertekstual dan nilai pendidikan yang ada dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan novel Kasidah-kasidah Cinta karya Muhammad Muhyidin. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan metode content analysis. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan Kasidah- kasidah Cinta karya Muhammad Muhyidin. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, yaitu novel yang berjudul Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah Cinta, serta hasil wawancara terhadap beberapa informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan interaktif dan noninteraktif. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang dibagi menjadi 3, yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat keterjalinan antarunsur intrinsik dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah Cinta yang berupa persamaan yang meliputi tema, alur, dan amanat serta perbedaan yang meliputi penokohan, sudut pandang, latar tempat, latar sosial, dan latar waktu. (2) novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan hipogram dan novel Kasidah-kasidah Cinta merupakan teks transformasi dari novel Ayat-ayat Cinta. (3) Kelebihan dari novel Ayat-ayat Cinta, yaitu novel ini bertemakan cinta dan terdapat adegan asmara, tetapi disampaikan secara indah, syar’i, dan jauh dari vulgar, sedangkan kekurangan dari novel Ayat-ayat Cinta, yaitu Fahri hampir dihukum mati karena dituduh memperkosa Noura, hal tersebut sangat fatal bila kebenaran tidak terungkap, sehingga tokoh utama bisa meninggal karena tuduhan tersebut. Kelebihan dari novel Kasidah-kasidah Cinta, yaitu dalam novel ini penulis berhasil membangun alur dan konflik yang mencekam, sedangkan kekurangan dari novel Kasidah-kasidah Cinta, yaitu Jawa Tengah digunakan sebagai setting cerita, tetapi unsur budaya Jawa tidak terlalu ditunjukkan dalam novel ini. (4) Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Kasidah-kasidah Cinta meliputi nilai religi, yaitu laki-laki dan perempuan dilarang berdua tanpa adanya muhrim; nilai moral, yaitu janganlah suka menghasut orang lain; nilai sosial budaya, yaitu menjaga kerukunan; nilai estetik, yaitu keindahan fisik, majas, dan pilihan diksi. Simpulan penelitian ini adalah novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan hipogram dan novel Kasidah-kasidah Cinta merupakan teks transformasi dari novel Ayat-ayat Cinta. Kata kunci: intertekstual, nilai pendidikan, Ayat-ayat Cinta, Kasidah-kasidah Cinta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 20:32
    Last Modified: 19 Apr 2014 20:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12513

    Actions (login required)

    View Item