PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR I BERBASIS SPREADSHEET DENGAN PENDEKATAN ANALITIK DAN NUMERIK

Fauzi, Ahmad and Radiyono, (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR I BERBASIS SPREADSHEET DENGAN PENDEKATAN ANALITIK DAN NUMERIK. , 1 (1). pp. 15-21. ISSN

[img] PDF - Published Version
Download (52Kb)

    Abstract

    Salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep fisika adalah banyaknya konsep fisika yang abstrak sehingga sulit dipahami mahasiswa. Pemodelan gejala fisika secara matematis semakin mempersulit mahasiswa untuk memahami makna fisis dari fenomena yang sesungguhnya terjadi. Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memahami pemodelan gejala fisika secara matematis adalah sulitnya memahami hubungan antar variabel dalam persamaan matematis tersebut dan kesulitan untuk memvisualisasikan hubungan antar variabel dalam persamaan tersebut dalam suatu grafik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar fisika dasar I berbasis Spreadsheet dengan menggunakan pendekatan analitik dan numerik yang yang sesuai untuk mahasiswa semester I (2) mengetahui kontribusi penggunaan bahan ajar fisika dasar I berbasis Spreadsheet dengan penggunaan pendekatan analitik dan numerik terhadap pemahaman konsep fisika mahasiswa dan (3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara pembelajaran fisikadasar I dengan penggunaan bahan ajar berbasis Spreadsheet dengan penggunaan pendekatan analitik dan numerik dan pembelajaran fisika dasar I tanpa penggunaan bahan ajar berbasis Spreadsheet dengan penggunaan pendekatan analitik dan numerik terhadap peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R and D) yang meliputi tahap (1) studi pendahuluan dan (2) pengembangan bahan ajar dan (3) pengujian produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PMIPA FKIP UNS. Pada tahap pengembangan bahan ajar, penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester III sedangkan pada tahap pengujian produk akhir, penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester I. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara dan angket. Hasil uji coba dengan prinsip One on One menunjukkan skor gain 0,64 yang tergolong sedang, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan skor gain 0,43. Gain diperoleh pada uji coba yang lebih luas adalah 0,66 yang tergolong sedang.Berdasarkan hasil analisis uji t disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar (pemahaman konsep) antara kelompok yang diajar dengan bahan ajar fisika dengan aplikasi Spreadsheet dengan pendekatan analitik dan numerik dan kelompok mahasiswa yang diajar tanpa penggunaan bahan ajar fisika dengan aplikasi Spreadsheet dengan pendekatan analitik dan numerik.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Users 834 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:33
    Last Modified: 09 Jul 2013 00:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1250

    Actions (login required)

    View Item