PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISHBOWL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI RANAH KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Utami, Wahyu Nur (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISHBOWL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI RANAH KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (403Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) adanya pengaruh strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 8 Surakarta, 2) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 8 Surakarta, 3) adanya interaksi antara strategi pembelajaran fishbowl dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan faktorial 2x3 (Desain Factorial 2x3). Strategi pembelajaran fishbowl sebagai variabel bebas, motivasi belajar sebagai variabel moderator, dan hasil belajar biologi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta semester II tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 10 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil 2 kelas yaitu siswa kelas X.8 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan Siswa kelas X.9 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling Teknik pengumpulan data hasil belajar biologi mengunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan anava dua jalan kemudian dilanjutkan uji lanjut anava dengan metode Bonferroni untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif. Hasil dari penelitian menghasilkan : 1) analisis pengaruh strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan Fhitung 26,71 dan p-value 0,0000 sehingga H0 ditolak, 2) analisis pengaruh motivasi belajar biologi terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan Fhitung 3,79 dan p-value 0,030 sehingga H0 ditolak, dan 3) analisis interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar biologi terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan Fhitung 4,09 dan p-value 0,023 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh secara signifikan penerapan strategi pembelajaran fishbowl terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012, 2) ada pengaruh secara signifikan motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012, 3) ada interaksi antara strategi pembelajaran fishbowl dan motivasi siswa terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Fishbowl, Motivasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:44
    Last Modified: 03 May 2014 17:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12492

    Actions (login required)

    View Item