ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hasanah, Izzatul (2013) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (435Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Ujian Kenaikan Kelas mata pelajaran Fisika berdasarkan analisis kualitatif yang terdiri dari analisis segi materi, konstruksi, dan bahasa dan analisis kuantitatif yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya beda dan reabilitas soal. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA kabupaten Sukoharjo. Populasi penelitian in 25 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah 4 sekolah, taitu SMA Negeri I Kartasura, SMA Negeri I Bulu, SMA Muh Pontren Imam Syuhada, dan SMA Negeri I Mojolaban yang masing-masing terdiri dari 60 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi untuk mendapatkan soal tes dan jawaban pada siswa kelas X SMA dikabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012, standar isi mata pelajaran Fisika serta kisi kisi penulisan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah software NATES versi 4.09 untuk analisis kuantitatif dan menggunakan standar isi EYD untuk analisis kualintatif. Dari analisis data diperoleh: 1) Soal UKK SMA kelas X di kabupaten Sukoharjo memiliki validitas logis karena sudah sesuai denga standar soal tapi perlu ada perbaikan aspek/materi, konstruksi dan bahasa pada beberapa soal, 2) Realibitas soal berkategori sangat tinggi, yaitu 0.85, 3) tingkat kesukaran berkategori sedang dengan prosentase 67.5% 4) Daya beda berkategori baik dengan prosentase 85%. Kesimpulan: 1) Soal UKK Fisika SMA kelas X di kabupaten Sukoharjo belum memenuhi kriteria soal ualangan yang baik dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. 2) Soal UKK Fisika SMA Kelas X telah memenuhi kriteria soal ulangan baik dari segi tingkat esukaran, daya beda, dan reliabititas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:55
    Last Modified: 08 May 2014 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12484

    Actions (login required)

    View Item