STUDI KOMPARASI TINGKAT PEROLEHAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU KELAS PERSIAPAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA MODEL DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Wijayanti, Ayu (2013) STUDI KOMPARASI TINGKAT PEROLEHAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU KELAS PERSIAPAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN MEDIA MODEL DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (725Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat perolehan kosakata siswa tunarungu kelas persiapan antara yang menggunakan media gambar dengan media model di SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas persiapan (P2) di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 12 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas persiapan (P2) SLB-B YRTRW Surakarta yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Validitas data menggunakan Korelasi Product Moment dan reliabilitas data menggunakan rumus KR20. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik parametrik, yaitu Uji-t berpasangan (paired t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar dan media model dapat meningkatkan perolehan kosakata siswa tunarungu kelas persiapan yang ditunjukkan dengan persentase kenaikan sebesar 78,36% dan 40,34%. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat perolehan kosakata siswa tunarungu kelas persiapan antara yang menggunakan media gambar dengan media model yang ditunjukkan dengan perolehan t0 = 3,382 > tt = 3,18 pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db) = 3. Tingkat perolehan kosakata siswa tunarungu kelas persiapan yang menggunakan media gambar lebih baik daripada yang menggunakan media model. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata post-test media gambar > skor rata-rata post-test media model yaitu 28,00 > 24,25. Simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat perolehan kosakata siswa tunarungu kelas persiapan antara yang menggunakan media gambar dengan media model di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci : media gambar, media model, perolehan kosakata, tunarungu kelas persiapan ABSTRAK The objective of this research is to investigate whether or not there is a difference of vocabulary mastery level in preparation class between the deaf students using the pictorial media and those using the model media at SLB-B YRTRW of Surakarta in Academic Year 2012/2013. This research used the descriptive research method with the research design of comparative study. The population of the research was all of the deaf students in preparation class (P2) at SLB–B YRTRW of Surakarta in Academic Year 2012/2013 consist of 12 students. The samples of the research were the students of the school in preparation class (P2) at SLB–B YRTRW of Surakarta as many as 4 students. The samples of the research were taken by using the purposive sampling technique. The data of the research were gathered test. The validity of the data was tested by using Pearson’s Product Moment and their reliability was tested by using KR20 formula. They were then analyzed by using statistical parametric analysis method, namely: paired t-test. The result of the research shows that the pictorial media and the model media can improve the vocabulary mastery level of the deaf students in preparation class, which is indicated by the improvement of percentage as much as 78.36% and 40.34%. In addition, the result of the research also shows that there is a difference in the vocabulary mastery level between the deaf students using the pictorial media and those using the model media as shown by the value of tcount = 3.382 > that of ttable = 3.18 at the significance level of 5% and at the degrees of freedom (df) = 3. The former have a better vocabulary mastery level and the latter. This is pointed out by the average score of post-test of the former, which is greater than that of the latter which is 28.00 > 24.25. Based on the result of the research, a conclusion is drawn that there is a difference in the vocabulary mastery level between the deaf students using the pictorial media and those using the model media at SLB–B YRTRW of Surakarta in Academic Year 2012/2013. Keywords: Pictorial media, model media, vocabulary mastery, deaf students of preparation class.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:45
    Last Modified: 03 May 2014 17:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12481

    Actions (login required)

    View Item