PENGARUH ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA RESTORAN CEPAT SAJI (Studi pada KFC Solo Square)

Hertina, Anggit (2013) PENGARUH ANTESEDEN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA RESTORAN CEPAT SAJI (Studi pada KFC Solo Square). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (488Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh anteseden kepuasan konsumen, SERVPERF, kualitas makanan, nilai yang dipersepsikan terhadap niat beli ulang pada konsumen restoran cepat saji KFC Solo Square. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 178 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling, yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah makan di KFC minimal tiga kali dalam satu tahun terakhir. Setelah data terkumpul, SEM AMOS digunakan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis model structural (SEM) yang menguji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan hasil antara lain : pertama, SERVPERF berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen, kedua, kualitas makanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen, ketiga, nilai yang dipersepsikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan terakhir adalah kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang. Penelitian ini telah meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi niat beli ulang. Namun ada beberapa variabel yang kemungkinan berpengaruh terhadap niat beli ulang yang tidak diuji pengaruhnya dalam penelitian ini. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini dengan menambah variabel lain. Kata kunci : SERVPERF, kualitas makanan, nilai yang dipersepsikan, kepuasan konsumen dan niat beli ulang The purpose of this study was to examine the influence of antecedents consumer satisfaction that were SERVPERF, food quality, perceived value on behavioral intentions at fast food restaurants, namely KFC Solo Square. The data were collected by a questionnaires with involving 178 respondents. Meanwhile sample collecting was done by non-probability sampling method, namely purposive sampling with criteria respondents who have eaten at KFC at least three times in the past year. After completing data, SEM AMOS was applied to test the hypotheses have been formulated. The results show that firstly, SERVPERF influence on consumer satisfaction; secondly, food quality has a significant affect on consumer satisfaction; thirdly, perceived value affects on consumer satisfaction, and finally, consumer satisfaction significantly influence behavioral intentions. This study has examined the factors that influence behavioral intentions. However, there are several variables that may influence the behavioral intentions that were not tested yet. Thus, the future research are expected to fulfill the limitation of this research. Keywords ; SERVPERF, food quality, perceived value, consumer satisfaction and behavioral intentions

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:51
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12479

    Actions (login required)

    View Item