ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI ( STUDI KASUS RUSUNAWA JURUG SURAKARTA)

Mustafa , Azhar (2013) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI ( STUDI KASUS RUSUNAWA JURUG SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1752Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT Azhar Mustafa, 2013. Analysis of Service Quality Towards Inhabitant Satisfaction. (Case Study in Jurug Rusunawa, Surakarta). Thesis, Civil Engineering Department, Technical Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. The rapid growth of resident is followed by the fulfillment of basic need like housing. Because of the limited residence area, the Government then decided to build some housing called as Rusunawa for low income people. This research aims to analyze the factors which affect the inhabitant satisfaction of Rusunawa located in Jurug Surakarta and to analyze the fulfillment of the inhabitant’s satisfaction in terms of service quality. The data is obtained by simple random sampling method through questionnaire for those who stay in Jurug Rusunawa. The data is analyzed by computer program of SPSS 17.00 version. The data analysis technique is assessed by the double linier regression analysis, where Y refers to the inhabitant satisfaction variable, tangibles variable (X1), reliability variable (X2), responsiveness variable (X3), assurance variable (X4) and empathy variable (X5). The result of the research shows that in t Test, tangibles variable (X1), assurance variable (X4) and empathy variable (X5) significantly influence the inhabitant satisfaction (Y), respectively 19,2%, 37,9%, and 33,8%. The F Test shows that those three of the independent variables significantly influence the dependent variable about 74,7%, and the rest of them are influenced by the other factors which are not used in this research about 25,3%. The most influencing independent variable among others towards the dependent variable simultaneously is assurance variable with the Regression value is about 37,9%. In the other words, assurance is the most influencing aspect regarding the inhabitant satisfaction in Jurug Rusunawa. Keywords: Inhabitant satisfaction, service quality, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Azhar Mustafa, 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penghuni (Studi Kasus Di Rusunawa Jurug Surakarta). Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat menuntut adanya pemenuhan kebutuhan pokok seperti perumahan. Oleh karena ketersediaan lahan permukiman yang semakin terbatas, pemerintah kota Surakarta memutuskan untuk membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penghuni rumah susun sederhana sewa yang terletak di Jurug Surakarta, serta menganalisa hal-hal yang dibutuhkan oleh penghuni untuk memenuhi kepuasan mereka terhadap pelayanan jasa yang diberikan. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner dengan metode sampel acak sederhana (simple random sampling) yang ditujukan kepada para penghuni Rusunawa Jurug. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 17.00 (Statisticl Product and Service Solution). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana Y merujuk pada variabel kepuasan penghuni, variabel tangibles (X1), variabel reliability (X2), variabel responsiveness (X3), variabel assurance (X4), dan variabel empathy (X5). Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam uji t, variabel tangibles (X1), assurance (X4) dan variabel empathy (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penghuni (Y), besarnya pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel berturut-turut adalah 19,2 %, 37,9 %, dan 33,8 %. Melalui uji F ketiga variabel bebas tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat sebesar 74,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan penghuni dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut sebesar 74,7%, sedangkan sisanya sebesar 25,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipakai dalam penelitian ini. Variabel bebas yang mempunyai pengaruh paling utama dibandingkan dengan variabel bebas lainnya terhadap variabel terikat secara bersama-sama (simultan) adalah variabel assurance (jaminan) dengan nilai regresinya sebesar 37,9 %. Artinya assurance (jaminan) merupakan dimensi jasa yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan penghuni Rusunawa Jurug. Kata Kunci: kepuasan penghuni, kualitas pelayanan, bentuk fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:50
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12474

    Actions (login required)

    View Item