Protein Rekombinan Virus Hepatitis C Core pada C-Terminal Virus Hepatitis B Core (HBc) yang Berpotensi Membentuk Virus-Like Particles (VLP) HBc

Sari, Yulia and Hudiyono, (2012) Protein Rekombinan Virus Hepatitis C Core pada C-Terminal Virus Hepatitis B Core (HBc) yang Berpotensi Membentuk Virus-Like Particles (VLP) HBc. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Lebih dari 170 juta orang di dunia telah terinfeksi virus hepatitis C. Sayangnya, terapi yang sudah ada relatif mahal, lama, toksik, dan efektif hanya pada 50% pasien. Oleh karena itu keberadaan vaksin HCV sangat diperlukan, baik untuk pencegahan dan atau terapi. Untuk membuat vaksin HCV, dilakukan konstruksi protein rekombinan virus hepatitis B core (HBc) yang membawa epitop HCV core pada ujung C-terminalnya. Proses pembuatan konstruksi tersebut diawali dengan pemilihan isolat HBV untuk kloning gen penyandi HBc. Gen penyandi HBc tersebut kemudian disubkloningkan ke ekspresor plasmid untuk E. coli. Untuk konstruksi protein rekombinan menggunakan back bone plasmid pETBlue-1 HCV 1a core-1. Strategi konstruksi plasmid pada prinsipnya dilakukan dengan mengamplifikasi gen penyandi HBc aa 2-144, dengan primer backward yang telah disisipkan sekuens stop codon TAG. Primer untuk kloning (forward dan backward) dilabel dengan sekuens yang dikenali enzim endonuklease restriksi KpnI. Setelah dicerna dengan KpnI, produk amplifikasi kemudian disubkloningkan ke pETBlue-1 HCV 1a core di daerah KpnI, yang merupakan posisi HCV core aa 80. Proses ini menghasilkan pETBlue-1_HCV core 1a 1-80_HBc 2-144_TAG (=pHCV core-HBc Δ) yang akan mengekspresikan HCV core aa 1-80 yang berfusi dengan HBc aa 2-144. Hasil analisis sekuensing menunjukkan fusi sekuens di tingkat nukleotida maupun asam amino berhasil dengan baik. Analisis bioinformatika menunjukkan protein rekombinan tersebut berpotensi menginduksi respon imun untuk HBV maupun HCV.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:46
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12472

    Actions (login required)

    View Item