PERBEDAAN PENGARUH JENIS PERMAINAN DAN KELOMPOK UMUR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR (Eksperimen Pada Siswa Umur 6-7 tahun dan Siswa Umur 10-11 tahun pada SD Negeri Jombor 01 Sukoharjo)

MURGIYANTO, NUR JOKO (2013) PERBEDAAN PENGARUH JENIS PERMAINAN DAN KELOMPOK UMUR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR (Eksperimen Pada Siswa Umur 6-7 tahun dan Siswa Umur 10-11 tahun pada SD Negeri Jombor 01 Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (514Kb) | Preview

    Abstract

    Nur Joko Murgiyanto. Perbedaan Pengaruh Jenis Permainan dan Kelompok Umur Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar (Eksperimen Perbedaan Pengaruh Permainan Perorangan Dan Permainan Beregu Pada Siswa Umur 6-7 tahun dan Siswa Umur 10-11 tahun pada SD Negeri Jombor 01 Sukoharjo)Tesis. Surakarta. Program Studi Ilmu Keolahragaan. Program Pascasarjana UNS Surakarta, Februari 2013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Perbedaan pengaruh antara permainan perorangan dan beregu terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar. (2). Perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan gerak dasar antara siswa kelompok umur 6- 7 tahun dan siswa kelompok umur 10 – 11 tahun. (3). Pengaruh interaksi jenis permainan dan kelompok umur terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen yang melibatkan tiga variabel, yaitu variabel independent (jenis permainan), variabel atributif (kelompok umur) dan variabel dependent (kemampuan gerak), dengan rancangan penelitian dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa umur 6 – 11 tahun pada SD Negeri Jombor 01 Sukoharjo. Besarnya sampel yang diambil untuk penelitian sebanyak 40 siswa Teknik pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava 2 x 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian menyimpulkan : (1) Ada perbedaan pengaruh antara permainan perorangan dan permainan beregu terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar. Pengaruh permainan beregu lebih baik daripada permainan perorangan. (2). Ada perbedaan kemampuan gerak dasar antara siswa umur 6-7 tahun dan siswa umur 10-11 tahun. Peningkatan kemampuan gerak dasar pada siswa umur 10-11 tahun lebih baik daripada siswa umur 6-7 tahun. (3). Terdapat pengaruh interaksi antara jenis permainan dan kelompok umur terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar. a). Siswa umur 6-7 tahun lebih cocok diberikan jenis permainan perorangan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasarnya. b). Siswa umur 10-11 tahun lebih cocok jika diberikan jenis permainan beregu untuk meningkatkan kemampuan gerak dasarnya. Kata Kunci : Permainan Perorangan, Permainan Beregu, Kelompok umur, Kemampuan Gerak Dasar Nur Joko Murgiyanto. Differences Influence Type and Age Group Games Against The basis of motor skill (Experiment And Individual Differences Influence Games Games Team On Students and Students Age 6-7 years Age 10-11 years at the elementary School 01 Jombor Sukoharjo) Thesis. Surakarta. Sport Science Studies Program. Graduate UNS Surakarta, Pebruari 2013 ABSTRACT This study aims to determine the effect of the difference between individual and team games students aged 6-7 years and 10-11 year old students on the motor skill, in addition, also to determine the interaction between the type of game and age group for basic motor skills. Research carried out by the experimental method involves three variables, the independent variable type of game, attributive variable age group and the dependent variable range of movement. The study design with a 2x2 factorial design. Study sample were students aged 6-11 years at Jombor 01 Elementary School Sukoharjo. The amount of sample taken for study 40 students purposive sampling technique with random sampling. The data analysis technique used is 2 x 2. examination hypothesis anava performed with a significance level of 0.05. The study concluded: (1) There is a difference in effect between individual games and team games on basic motor skills. Influence the game team is better than individual games. (2). There is a difference between the basic motor skills of students ages 6-7 years old and 10-11 year old students. Improved basic motor skills in students aged 6-7 years are better than students aged 10-11 years. (3). There is an interaction effect between type of game and age group of the basic motor skills. a). Students aged 6-7 years are more suitable if given the type of both individual games can essentially increase motor skills well. b). Students aged 10-11 years are more suitable if given the type of game teams. Keywords: Individual Games, Games Team, Age Group, Basic Motor skills

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:53
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12464

    Actions (login required)

    View Item