PERSEPSI KONSUMEN ATAS KUALITAS INFORMASI TOKO ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Konsumen Atas Kualitas Informasi Pada Toko Online Annesha Shop)

KHADIZTYA, ANNEZAMARIS DARA (2013) PERSEPSI KONSUMEN ATAS KUALITAS INFORMASI TOKO ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Konsumen Atas Kualitas Informasi Pada Toko Online Annesha Shop). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (829Kb) | Preview

    Abstract

    Belanja online sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan situs jejaring sosial yang kian pesat, toko online akhirnya merambah ke Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen atas kualitas informasi pada toko online Annesha Shop di Facebook. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama diperoleh dari wawancara dan observasi. Teknik analisa dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Konsumen menilai kualitas informasi pada toko online sesuai dengan empat dimensi kualitas informasi (Chrirsty dan Lee, 2005) yang terdiri atas: akurasi yang terdiri dari keakuratan dan kereliabilitasan, konten yang terdiri dari kerelevanan dan pemahaman, format yang terdiri dari kemenarikan dan kemudahan pencarian informasi, serta timeliness atau aktualitas yang terdiri atas ke-update-an informasi pada Timeline Facebook dan ke-update-an keseluruhan isi informasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui jenis informasi pada Facebook Annesha Shop, yaitu: informasi produk. Informasi produk pada Annesha Shop terdiri dari foto dan deskripsi produk yang ditampilkan pada album foto. Berikutnya adalah informasi penjual. Informasi penjual terdiri dari kontak penjual dan profil toko, yaitu tentang sejarah toko dan produk seperti apa saja yang dijual. Berikutnya adalah informasi cara pemesanan. Informasi cara pemesanan terdiri dari kontak penjual dan tata cara pemesanan melalui SMS. Dan yang terakhir adalah informasi purna jual atau after-sales support. Informasi ini berisi tentang layanan yang didapatkan oleh pembeli setelah penjualan, menerima barang atau setelahnya. Dari hasil penelitian, informasi yang paling baik dalam ke-empat dimensi kualitas informasi tersebut adalah informasi produk. Informasi produk dinilai akurat dan reliabel, relevan dengan kebutuhan dan dapat dipahami, menarik dan tidak sulit dicari, serta update informasi pada Timeline Facebook dan update isi informasinya. Shopping online has become part of today's modern society. With the increasing number of Internet users and social networking sites are growing rapidly, online stores eventually penetrated into Facebook. This study aims to determine consumer perceptions of quality information on Annesha Shop online store on Facebook . The methodology used in this research is descriptive qualitative with primary data sources obtained from interviews and observations. Technique analysis is done through a process of data reduction, data display and drawing conclusions. Consumers assess the quality of information on the online store according to the four dimensions of quality of information ( Chrirsty and Lee, 2005) consisting of: the accuracy consists of accuracy and reliability, the content consists of relevancy and comprehension, the format consists of the attractiveness and ease of information retrieval, as well as the timeliness consists of information on Facebook Timeline update and overall information content update. Based on the research results, it can be seen what kind of information on Facebook Annesha Shop, namely: information products. Information on Annesha Shop’s products consists of images and descriptions of products are shown in the photo album. Next is the sellers information. Information consists of seller’s contact and the store's profile, which is about the history of the store and what products are offered. Next is ordering information. Ordering information consists of seller’s contact and procedures for booking through SMS. And the last is the after-sales support information. It contains information about the services obtained by the buyer after the sale, receiving goods or thereafter. From the research, the best information in the four dimensions of the quality of information is information products. Information products assessed accurate and reliable, relevant to the needs and understandable, interesting and not difficult to find, as well as updated information on Facebook Timeline and updated contents of the informatio

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:37
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12459

    Actions (login required)

    View Item