Kloning dan Analisis Molekuler Gen Utuh Hepatitis B Surface Antigen Virus Hepatitis B Isolat Jawa Tengah untuk Vaksin Tuberkulosis

Hudiyono, and Sari, Yulia (2012) Kloning dan Analisis Molekuler Gen Utuh Hepatitis B Surface Antigen Virus Hepatitis B Isolat Jawa Tengah untuk Vaksin Tuberkulosis. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Tuberkulosis (TBC) diketahui telah menginfeksi sepertiga populasi dunia. Indonesia sendiri merupakan negara ketiga di dunia terkait penyebaran TBC. Sayangnya vaksin adekuat untuk TBC belum ada di dunia. Untuk pembuatan vaksin TBC, Group Riset Blood Borne Virus UNS mengembangkan Hepatitis B Surface Antigen (HBsAg) dari isolat virus HBV (virus hepatitis B) isolat lokal sebagai pembawa epitop vaksin TBC. Dalam kaitan pengembangan HBsAg sebagai pembawa epitop ini, maka perlu dilakukan kloning gen penyandi HBsAg menggunakan isolat virus lokal. Untuk kloning gen HBsAg, perlu dilakukan karakterisasi isolat HBV yang dimiliki. Karakterisasi berbasis daerah Pre-S/S menunjukkan bahwa mayoritas isolat yang dimiliki bergenotipe B3. Dari isolat HBV yang bergenotipe B3 kemudian dipilih isolat yang akan digunakan untuk kloning. Dari isolat terpilih tersebut dilakukan amplifikasi seluruh gen penyandi protein HBV surface. Gen tersebut kemudian disubkloningkan ke dalam pETBlue-1 agar nantinya protein HBsAg dapat diekspresikan di E. coli. Hasil analisis sekuensing plasmid pETBlue-1 HBsAg menunjukkan bahwa gen HBsAg berhasil disubkloningkan ke dalam pETBlue-1. Analisis gen HBsAg menunjukkan kemiripan tertinggi dengan HBV yang diisolasi dari Malaysia. Meskipun begitu, analisis protein menunjukkan kemiripan tertinggi dengan HBV isolat Jakarta. Analsisi bioinformatika menunjukkan potensi antigenisitas dari HBsAg, terutama kaitannya dengan rencana pemanfaatannya untuk pembawa epitop TBC.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:38
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12456

    Actions (login required)

    View Item