Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Kemandirian Bangsa di Bidang Industri Kreatif melalui Unit Usaha Bisnis COMMPACK FISIP UNS (UUB-COMMPACK FISIP UNS)

Anshori, Mahfud and Arifin, Hamid and Sulihyantoro, Aryanto Budhi (2012) Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Kemandirian Bangsa di Bidang Industri Kreatif melalui Unit Usaha Bisnis COMMPACK FISIP UNS (UUB-COMMPACK FISIP UNS). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Peluang lapangan pekerjaan di sektor industri kreatif terutama di subsektor periklanan, film, video dan fotografi, televisi radio dan desain masih sangat lebar, yang dapat ditangkap sebagai peluang bisnis dan peluang pengembangan kewirausahaan bagi lembaga pendidikan komunikasi. Oleh karena itu maka keberdaan lembaga/unit bisnis yang berwujud sebagai bengkel produksi untuk produk-produk komunikasi menjadi satu upaya mewujudkan misi pendidikan kampus untuk menciptkan tenaga ahli yang siap kerja/wirausaha.UUB CommPack merupakan bengkel produksi yang menitikberatkan pada pembuatan produk media komunikasi alternatif seperti sineradio, iklan animasi, media social campaign, yang dapat digunakan secara komersial oleh klien yang membutuhkan jasa layanan produksi pesan komunikasi, sekaligus sebagai media pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa untuk bekerja dalam lingkup profesional. Metode dan strategi pengembangan lembaga adalah melalui metode magang (tenant) mahasiswa di bengkel produksi di lingkungan Program DIII Komunikasi Terapan FISIP UNS. Sementara pada pengelolaan SDM, UUB CommPack melibatkan dosen dan praktisi yang mengajar di program studi guna memperoleh hasil produksi yang maksimal. Hasil kegiatan Unit Bisnis selama tahun pertama ini adalah capaian Gross Profit sebesar 10.000.000, SOP Produksi dan Promosi yang sudah diimplentasikan serta Rasio Pemasaran yang ideal. Sementara hasil kegiatan yang belum tercapai adalah luaran tenant mahasiswa, yang disebabkan faktor eksternal seperti masa studi mahasiswa yang relatif pendek dan beban praktikum yang tinggi semasa kuliah. Kesimpulan sementara dari kegiatan pada tahun pertama ini adalah Unit Usaha telah berhasil dalam mewujudkan visi sebagai lembaga bisnis yang berorientasi profit, namun belum optimal dalam merealisasikan visi sebagai lembaga pelatihan untuk tenant kewirahusahaan. Kedepan, perlu upaya-upaya optimal dengan strategi yang baik guna dapat mengembangkan visi lembaga bisnis yang dapat menghasilkan tenant kewirausahaan di tingkat mahasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:33
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12449

    Actions (login required)

    View Item