ANALISIS PENGARUH CITRA SOLO GRAND MALL PADA LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Solo Grand Mall)

Koeswara, Yovita Evionora (2013) ANALISIS PENGARUH CITRA SOLO GRAND MALL PADA LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Solo Grand Mall). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (484Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara citra Solo Grand Mall (dimensi harga, dimensi pelayanan, dimensi kualitas produk, dimensi lingkungan fisik dan dimensi lokasi) pada loyalitas konsumen. Hipotesis yang diajukan dari tujuan tersebut ada 5 hipotesis, yaitu dimensi harga berpengaruh negatif pada loyalitas konsumen, dimensi pelayanan berpengaruh positif pada loyalitas konsumen, dimensi kualitas produk berpengaruh positif pada loyalitas konsumen, dimensi lingkungan fisik berpengaruh positif pada loyalitas konsumen, dan dimensi lokasi berpengaruh positif pada loyalitas konsumen. Target populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang pernah berkunjung ke Solo Grand Mall. Sampel berjumlah 120 responden yaitu masyarakat yang pernah berkunjung ke Solo Grand Mall, diambil dengan metode non probability sampling dan menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel independennya adalah citra Solo Grand Mall (dimensi harga, dimensi pelayanan, dimensi kualitas produk, dimensi lingkungan fisik dan dimensi lokasi). Variabel dependen nya adalah loyalitas konsumen. Pengukuran variabelnya menggunakan skala 5 Likert. Data dikumpulkan dengan metode survey. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik (uji multikoliniearitas, otokorelasi, heteroskedastisitas, dan normalitas). Kemudian dianalisis regresi linier berganda (uji Adjusted R2, F, dan I). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil : citra Solo Grand Mall (dimensi harga, dimensi pelayanan, dimensi kualitas produk, dimensi lingkungan fisik dan dimensi lokasi) memiliki pengaruh pada loyalitas konsumen. Berdasarkan analisis data di atas maka dapat diberikan beberapa saran, antara lain : 1). Bagi peneliti selanjutnya adalah sebaiknya menggunakan perbandingan dari beberapa macam ritel toko lainnya sehingga hasil penelitiannya memberikan generalisasi yang lebih baik serta menambahkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen ritel seperti iklan atau promosi penjualan. 2). Bagi supermarketnya yaitu lebih menurunkan lagi harga jual produk mereka, memberikan pelatihan agar karyawan lebih baik melayaninya, meningkatkan pengawasan mutu produk dan ketersediaan stok barang lengkap dan baik, meningkatkan fasilitas sarana yang lebih nyaman, aman pada saat berbelanja , serta membuat sistem member dengan fasilitas tertentu seperti diskon khusus dan pemberian hadiah untuk frekuensi belanja tertentu agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen. This research aims to find out the effect of image of Solo Grand Mall (price, service, product quality, physical environment and location dimension) on the consumer loyalty. There are five hypotheses proposed from that objective ; the price dimension affects negatifelly the consumer loyalty, service dimension affects positifely theconsumer loyalty, product quality dimension affects positifely theconsumer loyalty, physical environment dimension affects positifely theconsumer loyalty, and location dimension affects positifely theconsumer loyalty. The population target employed was all consumers visiting Solo Grand Mall. The sample consisted 120 respondentsnamely the visitors shopping to Solo Grand Mall, taken using non probability sampling menthod and using Purposive sampling technique. The independent variable was image of Solo Grand Mall (price, service, product quality, physical environment anda location dimensions). The dependent variable was consumer loyalty. The measurement of variables used 5 point Likert Scale. The data collected was done using survey menthod. The analysis method used in this research was classical assumption test (multicolinearity, autocorrelation, heteroskedasticity, and normality tests). Then the data was analyzed using a multiple linier regression (Adjusted R2-, F-, and t-test). Considering the result of data analysis, it can be seen : the image of Solo Grand Mall (price, service, product quality, physical environment and location dimension) affects the consumer loyalty. Based on the data analysis above, some recommendations can be given including : 1). The subsequent research should use the comparison of variouscategory of orther retail shop so that the result of research gives better generalization as well as add other variables that can affect the retail consumer loyalty, such as advertisement or sales promotion, 2). The supermarket should maintain their product sale price, give training to the employee in order to serve consumer better, improve the product quality control and complete and good stock availability, improve the more comfortable infrastructure facility, safety during shopping, as well as make the member system with cortain facility such as special discount and present giving for certain shopping frequency in order to increase the consumer loyalty. Keywords : price, service, product quality, physical environment, location and consumer loyalty.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:30
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12443

    Actions (login required)

    View Item