PENGARUH PELATIHAN PEMBERIAN MAKAN PADA BAYI DAN ANAK (PMBA) TERHADAP PENGETAHUAN, KETERAMPILAN KONSELING DAN MOTIVASI BIDAN DESA

Retno, Anis Nih (2013) PENGARUH PELATIHAN PEMBERIAN MAKAN PADA BAYI DAN ANAK (PMBA) TERHADAP PENGETAHUAN, KETERAMPILAN KONSELING DAN MOTIVASI BIDAN DESA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2570Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT Infant and Young Child Feeding (IYCF) Training contents golden standart of infant and young child feeding. Training component head for prepares midwife with technical knowledge about infant and young child feeding practices, exclusive breastfeeding, complementary feeding for 0-24 months; increase counselling skills; problem solving and negotiation to achieve agreement; prepare them to make use effectively of tools and counselling kit. This study to analyze the influence of Infant and Young Child Feeding (IYCF) training to knowledge, counselling skill and motivation of midwife. Methods of this study is quasi experimental with posttes only control group design. The population of this study were all midwifes in Klaten district. The sampling technique using simple random sampling. A randomized intervention study enrolling 30 midwifes in the intervention group which getting IYCF training and 30 in the control group. Data was collected using knowledge and motivation questionnaire and observation checklist of counselling skills. Analysis was performed using the independent t-test for knowledge and motivation variabels. Variable of counselling skill was analyzed by Mann Whitney U test. Based on the data analysis and discussion with a significance level of 5% was obtained: (1) There was a significant effect of IYCF training to knowledge with t value = -9,973 less (be on area of H 0 rejection) than t table = ± 2,000 with significant level = 0,000. (2) There was a significant effect of IYCF training to counselling skill with asymp sig = 0,000 less than α = 0,05. (3) There was not a significant effect of IYCF training to motivation with t value = -1,874 greater (be on area of H 0 reception) than t table = ± 2,000 with significant level = 0,066. Infant and Young Child Feeding (IYCF) training effectively to increase knowledge and counselling skill, but the same was not true of motivation. Keywords: training, knowledge, counselling skill, motivation ABSTRAK Pelatihan pemberian makan pada bayi dan anak (PMBA) berisi materi tentang standar emas pemberian makan pada bayi dan anak. Komponen pelatihan ini bertujuan Mempersiapkan bidan desa dengan pengetahuan teknis mengenai praktek-praktek pemberian makanan pendamping dan pemberian ASI yang direkomendasikan untuk anak usia 0-24 bulan, meningkatkan keterampilan konseling, pemecahan masalah dan negosiasi (mencapai kesepakatan), dan mempersiapkan mereka untuk memanfaatkan alat bantu dan alat konseling terkait secara efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pelatihan PMBA terhadap pengetahuan, keterampilan konseling dan motivasi bidan desa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan “post test only control design” Populasi penelitian ini adalah seluruh bidan desa di Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel sebesar 30 orang pada kelompok eksperimen yang mendapat pelatihan PMBA dan 30 orang pada kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan daftar tilik pengamatan. Teknik analisis menggunakan uji t pada variabel pengetahuan dan motivasi serta uji Mann Whitney U pada variabel keterampilan konseling. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada tingkat signifikansi α = 0,05 didapatkan hasil: (1) Terdapat pengaruh pelatihan PMBA terhadap pengetahuan dengan harga t hitung sebesar -9,973 lebih kecil (berada di daerah penolakan H 0 ) dibandingkan t tabel = ±2,000 pada tingkat signifikan = 0,000. (2) Terdapat pengaruh pelatihan PMBA terhadap keterampilan konseling dengan nilai signifikan = 0,000 lebih kecil dibandingkan α = 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh pelatihan PMBA terhadap motivasi dengan harga t hitung sebesar -1,874 lebih besar (berada di daerah penerimaan H 0 ) dibandingkan t tabel = ±2,000 pada tingkat signifikan = 0,066. Pelatihan PMBA efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan konseling bidan desa tetapi tidak meningkatkan motivasi. Kata kunci: pelatihan, pengetahuan, keterampilan konseling, motivasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:27
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12440

    Actions (login required)

    View Item