ANALISIS BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA KUD SUSU GETASAN KABUPATEN SEMARANG

Tajudin, (2013) ANALISIS BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA KUD SUSU GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (181Kb) | Preview

    Abstract

    Tajudin. H0808150. 2013. Analysis of Balanced Scorecard On the Performance of KUD Susu Getasan Semarang Regency. The final assignment which is guide by Dr. Ir. Kusnandar M.Si and R. Kunto Adi SP. MP Agriculture Faculty, University of Sebelas Maret Surakarta. The research aims to determine the performance of KUD Getasan which include financial perspective, customer perspective, internal business processes perspective, and learning & growth perspective, to determine the problems and factors that affect performance and also formulate the strategic plans that can be applied to improve the performance of KUD Getasan. The research method use analitycal descriptive method. The technic in this research is study case technic. This research was held in KUD Getasan Semarang regency because of KUD Getasan provide a complete data which needed in the research of performance use balanced scorecard, never held the same research before using balance scorecard in KUD Getasan, Based on the age of KUD Getasan since 1975 so that performance scoring is needed and based on the decreasing of milk selling amount in 2007-2010. The data are primary data and secondary data. The raising technic data are interview, observation, and register data. The research show that according to the balanced scorecard method KUD Getasan have result total score -7 from 11 maximum total score. So that KUD Getasan based on balanced scorecard method is rated poorly because located between 0%-50% (the score of -1 - 0). The rising problems in KUD Getasan are the new similar competitors, the reduction number of customers, limited budget, and uncontrolled management. The performance KUD Getasan influenced by internal and external factors. Internal factors that affect are the budget and system management, in the other hand the external factors are competitors and customers. The strategic plan as alternative actions to solve the problems in KUD Getasan are provide the best services to customers, take a credit from the bank, and management reorganization. Based on the research, found some suggests for KUD Getasan there are increasing of customers number by apply the best services, take a credit from the bank, management reorganization, colaborate with the other cooperation or another agency, give a training to the staff and apply staff absence system. Tajudin. H0808150. 2013. Analisis Balanced Scorecard Terhadap Kinerja KUD Susu Getasan Kabupaten Semarang. Skripsi dengan pembimbing Dr. Ir. Kusnandar, M.Si dan R. Kunto Adi, SP. MP Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja KUD Getasan berdasarkan metode balanced scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif customer, perspektif internal bisnis dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, mengetahui masalah-masalah yang mempengaruhi kinerja KUD Getasan, mengetahui faktor-faktor. yang mempengaruhi kinerja KUD Getasan, merumuskan rencana strategis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja KUD Getasan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi kasus. Penelitian ini dilakukan di KUD Getasan, Kabupaten Semarang dengan pertimbangan yaitu KUD Getasan memiliki ketersediaan data yang memenuhi untuk dilakukan penelitian kinerja menggunakan Balanced Scorecard, belum pernah dilakukan penelitian tentang kinerja koperasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard di KUD Getasan, Dilihat dari lama berdiri KUD Getasan yang sudah cukup lama berdiri yakni sejak tahun 1975 sehingga peniaian kinerja perlu dilakukan dan dilihat dari kondisi jumlah penjualan susu yang cenderung menurun dari tahun 2007-2010. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengukuran kinerja KUD Getasan dengan metode balanced scorecard memiliki total skor hasil -7 dari total skor maksimal 11 karena terdiri dari 11 ukuran hasil sehingga rata-rata skor adalah - 7/11 = -0,63. Sehingga KUD Getasan berdasarkan metode balanced scorecard dinilai kurang baik karena terletak diantara daerah 0%-50% (antara skor -1 - 0). Permasalahan yang ditemui KUD Getasan adalah muculnya pesaing baru yang sejenis, berkurangnya jumlah customer, keterbatasan modal, dan kepengurusan yang tidak berjalan baik. Kinerja KUD Getasan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi yakni modal dan sistem organisasi, sedangkan faktor eksternal ialah pesaing dan customer. Rencana strategis sebagai alternatif tindakan pemecahan masalah bagi KUD Getasan adalah memberikan pelayanan khusus bagi customer, meminjam modal dari bank dan re-organisasi pengurus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar KUD Getasan menambah jumlah customer dengan menerapkan pelayanan khusus, meminjam modal ke bank, melakukan re-organisasi pengurus, menjalin kerjasama dengan koperasi maupun instansi lain, memberikan pelatihan dan menerapkan sistem absensi karyawan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 19:17
    Last Modified: 19 Apr 2014 19:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12425

    Actions (login required)

    View Item