PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 GEMAWANG, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013

Rahmawati, Ari Kusuma (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 GEMAWANG, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (257Kb) | Preview

    Abstract

    Ari Kusuma Rahmawati, PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 GEMAWANG, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca intensif dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model koopetarif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca intensif peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang yang berjumlah 12 peserta didik dan guru kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri atas empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan membaca intensif pada tiap siklus, nilai rata-rata kondisi awal (prasiklus) sebesar 60.68, pada siklus I sebesar 72, dan pada siklus II meningkat menjadi 82.58. Pada kondisi awal (prasiklus) peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM ( 70) sebanyak 3 peserta didik (25%), pada siklus I meningkat menjadi 8 peserta didik (67%), dan pada siklus II meningkat menjadi 11 peserta didik (92%). Kata kunci: CIRC, membaca intensif Ari Kusuma Rahmawati, THE INCREASING OF INTENSIVE READING SKILLS BY COOPERATIVE LEARNING MODEL OF THE CIRC TYPE OF THE STUDENTS GRADE IV OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 01 GEMAWANG WONOGIRI IN ACADEMIC YEAR 2012/2013. Minithesis, Teacher Training and Education Faculty of Sebels Maret University, Juni 2013. The objective of this research is to increase the intensive reading skills by CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) learning model of the students grade IV of State Elementary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. The independent variable is the CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) type, and the dependent variable is the intensive reading skills of the students grade IV of State Elementary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. The form of this research is classroom action research (CAR), it during two cycles. Every cycle consist of four phases, that are planning, action implementation, observation, and, reflection. The subject of this research is the students grade IV of State Elementary School 01 Gemawang that consist of 12 students and the teacher of State Elementary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. Data collecting tecnique are interview, observation, documentation, and test. The data analisys technique is interactive analysis model (Miles & Huberman), it consist of four components, there are data collecting, data reducting, data display, and conclution or verification. The data validity is content validity with data triangulation source and method triangulation. Based on the research show that CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) learning model is able to increase the intensive reading skills of the students grade IV of State Elementary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. The improvement of intensive reading skills can be proof by increasing value of intensive reading skill in every cycle. The average value for precycle is only 60.86, in the first cycle is 72, and in the second cycle increased to 82.58. On precycle, there are 3 students (25%) who acquired KKM grade ( 70), in the fist cycle increased to 8 students (67%), and in the second cycle became 11 students (92%). Keywords: CIRC, intensive reading

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 18:58
    Last Modified: 19 Apr 2014 18:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12400

    Actions (login required)

    View Item