Strategi Pengelolaan Wisata Kota Budaya Berbasis Kemitraan sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Lokal : Studi Perbandingan di Surakarta dan Yogyakarta

Ramdhon, Akhmad and Amal, Nora Nailul (2012) Strategi Pengelolaan Wisata Kota Budaya Berbasis Kemitraan sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Lokal : Studi Perbandingan di Surakarta dan Yogyakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pendapatan asli daerah lewat skema pengembangan pariwisata dalam konteks otonomi daerah. Pariwisata yang merupakan salah satu unggulan nasional mempunyai daya dukung daerah-daerah yang mempunyai destinasi wisata maupun event wisata yang dapat dikelola menjadi pintu masuk bagi peningkatan pendapatan asli daerah, sesuai amanat UU 32 Tahun 2004. Sedangkan dalam jangka pendek. (1) Melakukan identifikasi sejauhmana usaha-usaha yang telah dilakukan oleh stakeholder pengelola wisata kota untuk mengembangkan cultural event dengan pola kemitraan untuk meningkatkan perekonomian daerah. (2) Mengeksplorasi agenda-agenda cultural-event wisata kota yang berpotensi sebagai daya jual kota dan memancing minat kedatangan para wisatawan dan mengidentifikasi dan analisis berbagai bentuk permasalahan dan model pengelolaan cultural-event yang menjadi program unggulan wisata kota. (3) Merumuskan panduan strategi pengelolaan pariwisata berbasis kemitran untuk mengelola paket penyelenggaran cultural-event wisata kota bagi stake holder pariwisata agar berkontribusi bagi masyarakat luas dan khususnya pada pendapatan asli daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi : impact evalution. Tehnik observasi, wawancara dan focus group discussion akan dikembangkan dengan mengeksplorasi agenda-agenda wisata budaya, pola pengelolaan, keterlibatan stakeholder dan kebijakkannya di kota Surakarta dan Yogyakarta. Mengikuti analisis strategic plan model, penelitian ini akan berangkat dari proses pengidentifikasian nilai, basis dokumen visi-misi daerah untuk kemudian menganalisis dan mengevaluasinya bersama strategi dan tujuan yang dirancang. Tujuannya adalah melihat dampak dari pengelolaan pariwisata bagi pendapatan daerah alam skema otonomi daerah. Berdasarkan indikator tersebut, maka penelitian ini ditargetkan untuk menghasilkan luaran yang terdiri atas : (1) Hasil kajian efek kebijakan pariwisata untuk penguatan dalam pengolaan pariwisata didaerah berbasis kemitraan. Adapun skema lanjutnya adalah pendalaman isu pada dampak dari pelaksanaan otonomi daerah seperti persoalan kemiskinan, lahan dan perumahan khususnya dikawasan perkotaan, penyediaan layanan publik yang standart, pengembangan ekonomi lokal hingga efek pengembangan kota pada lingkungan fisik, sosial dan budaya pada konteks perkotaan. (2) Rekomendasi dan input kebijakan yang bersifat strategis di bidang pengelolaan pariwisata. Mulai dari kerangka kebijakan dalam bentuk sinkroisasi kebijakan yang dihasilkan dalam bentuk peraturan daerah yang saling bertentangan, kelembagaan berupa satuan organisasi di tingkat daerah yang berkembang sebagai respon atas kebutuhan hingga implikasi pada pendanaan pada basis lokal yang populer dengan pendapatan asli daerah untuk menunjukkan keseimbangan anggaran di Surakarta dan Yogyakarta.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 18:40
    Last Modified: 19 Apr 2014 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12378

    Actions (login required)

    View Item