PERBEDAAN PEMBELAJARAN DIIRINGI MUSIK DAN PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN

Firdaus, Nur Auliyah (2013) PERBEDAAN PEMBELAJARAN DIIRINGI MUSIK DAN PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4084Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: Prestasi belajarpeserta didik di sekolah sering dihubungkan dengan problem belajar dari peserta didik dalam mencerna dan memahami materi yang diberikan, hal ini diprediksi karena faktor kejenuhan peserta didik dalam proses belajar mengajar, sehingga materi yang telah disampaikan oleh pengajar tidak dapat dipahami dan dicerna oleh peserta didik. Kebutuhan peserta didik kurang dipahami oleh pengajar yang menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik. Kenyataannya sebagian besar dosen melakukan metode belajar secara monoton, sehingga materi yang disampaikan dosen sangat sedikit yang bisa diterima oleh mahasiswa yaitu sekitar 25% - 50% saja Tujuan penelitian: menganalisis perbedaan pembelajaran diiringi musik dan pembelajaran secara konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan. Metode:Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen, dengan pendekatan true eksperiment dan rancangan posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bimayang berjumlah 80 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakantotalsamplingsehingga besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yang dibagi dalam dua kelompok secara random yaitu 40 responden kelompok perlakuan dan 40 responden kelompok kontrol. Motivasi belajar diukur menggunakan kuisioner dan prestasi belajar menggunakan tes prestasi belajar. Analisis statistik yang digunakan menggunakan uji beda dengan dua mean independen. Hasil: Nilai mean motivasi belajar kelompok perlakuan sebesar 135,53, sedangkan nilai mean kelompok kontrol sebesar 117,80. Nilai signifikansi <0,05 yaitu sebesar 0,012dan t hitung > t tabel (2,567 > 1,665) sehingga terdapat perbedaan pembelajaran diiringi musik dan pembelajaran secara konvensional terhadap motivasi belajar. Nilai mean prestasi belajar kelompok perlakuan sebesar 68,85, sedangkan nilai mean kelompok kontrol sebesar60. Nilai signifikansi <0,05 yaitu sebesar 0,002dan t hitung > t tabel (3,222 > 1,665)sehingga terdapat perbedaan pembelajaran diiringi musik dan pembelajaran secara konvensional terhadap prestasi belajar. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pembelajaran diiringi musik dan pembelajaran secara konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan. ABSTRACT Background: with learning problems in comprehending and understanding learning materials. This is presumably due to satiation of the students in the learning and teaching process. Teachers have less attention to needs of the students that cause the process of learning less attractive. In fact the majority of teachers/lecturers use monotonous learning method, so that acceptability to learning materials is low, only about 25% - 50%. Objective: To analyze the difference between learning with music and conventional learning to motivation and academic achievement in the course of pregnancy midwifery care. Method: The study used quantitative method and experiment with true experiment and post test only control group design. Population of the study comprised as many as 80 students of semester II of Harapan Bunda Midwifery Academy Bima. Samples were taken through total sampling involving 80 respondents randomly divided into two groups, 40 as experiment group and 40 as control group. Learning motivation was assessed using questionnaire and academic achievement using academic echievement test. Statistical analysis used independent independent t-test. Result: Mean score of learning motivation of the experiment group was 135.53, whereas mean score of the control group was 117.80. Significance rate was < 0.05, i.e. 0.012 and t calculation > t table (2.567 > 1.665) thus there was difference between learning with music and conventional learning to academic motivation. Mean score of academic achievement of the experiment group was 68.85, whereas mean score of the control group was 60. Significance rate was < 0.05, i.e. 0.002 and t calculation > t tabel (3.222 > 1.665)thus there was difference between learning with music and conventional learning to academic achievement. Conclusion: There was difference between learning with music and conventional learning to motivation and academic achievement in the course of pregnancy midwifery care. Keywords: learning with music, learning motivation, academic achievement

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:49
    Last Modified: 03 May 2014 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12364

    Actions (login required)

    View Item