EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK

Widikda, Aris Puja and Akhyar, Muhammad and Estriyanto, Yuyun (2013) EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK. EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK .

Full text not available from this repository.

Abstract

Aris Puja Widikda. EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari : 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang: (1) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan ujian online menggunakan LMS Moodle,(2) Faktor -faktor yang menghambat pelaksanaan ujian online menggunakan LMS Moodle, (3) Kualitas ujian online menggunakan LMS Moodle, (4) Manfaat ujian online menggunakan LMS Moodle. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Populasi penelitian ini adalah populasi yang terjangkau, yaitu 58 peserta ujian online Uji Kompetensi ke-4 mata kuliah pneumatik hidrolik semester tiga tahun angkatan 2012. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan ujian online menggunakan LMS Moodle yaitu; (a) pada aspek konteks; kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi moodle cukup tinggi, sarana yang dimiliki mahasiswa untuk mengoprasikan aplikasi moodle cukup memadai, grafis/ tampilan aplikasi moodle cukup menarik, konten aplikasi moodle dalam ujian online cukup lengkap. (b) pada aspek input; upaya yang dilakukan peserta dalam meningkatkan kemampuan menggunakan aplikasi moodle cukup memadai, upaya yang dilakukan peserta dalam menyediakan sarana yang digunakan untuk mengoprasikan aplikasi moodle memadai, upaya yang dilakukan peserta dalam meningkatkan kemampuan penggunaan kontent aplikasi moodle memadai. (c) pada aspek proses; penggunaan sarana aplikasi moodle dalam pelaksanaan ujian online memadai, pemanfaatan konten aplikasi moodle dalam proses ujian online cukup mudah. (d) pada aspek produk; kualitas penilaian cukup tinggi, dan manfaat penilain tinggi. (2) Faktor-faktor yang menghambat ujian online menggunakan LMS Moodle adalah waktu pelaksanaan ujian online dan durasi waktu pelaksanaan ujian online. (3) Kualitas ujian online cukup tinggi. (4) Manfaat ujian online yang tinggi meliputi; kecermatan penilaian cukup tinggi, efisiensi waktu penilaian cukup tinggi, keefektifan penilaian cukup tinggi, kepraktisan pengerjaan cukup tinggi, aksessibilitas penilaian tinggi, kerahasiaan soal tinggi, pengamanan jawaban tinggi, pengamanan hasil penilaian tinggi. Kata Kunci: Evaluasi, Ujian Online, LMS Moodle

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 839 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 00:34
Last Modified: 01 Sep 2016 13:17
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item