PENGARUH WORD OF MOUTH, TERPAAN MEDIA, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN ( Survei Pengobatan Tradisional di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus” Tawangmangu, Karanganyar)

SAPUTRO, DEDY RIYADIN (2013) PENGARUH WORD OF MOUTH, TERPAAN MEDIA, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN ( Survei Pengobatan Tradisional di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus” Tawangmangu, Karanganyar). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (329Kb) | Preview

    Abstract

    DEDY RIYADIN SAPUTRO. NIM: S231008003. 2013. Pengaruh Word of Mouth, Terpaan Media, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen (Survei Pengobatan Tradisional di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”, Tawangmangu, Karanganyar. Pembimbing I: Drs.Y.Slamet, M.Sc., Ph.D, II: Tanti Hermawati, S.Sos, M.Si. Program Studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Akhir-akhir ini tren pengobatan “back to nature” kembali bergema, yaitu suatu model pengobatan dengan menggunakan cara-cara herbal atau tradisional. Alasannya pun sederhana, pengobatan tardisional dianggap lebih aman daripada pengobatan medis yang lebih mengutamakan obat-obatan berbahan kimia. Salah satu tempat yang menggunakan model pengobatan tradisional adalah Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”, Tawangmangu, Jawa Tengah. Dari tahun ke tahun jumlah pasien yang berobat semakin bertambah sehingga penulis tertarik untuk mengetahui penyebab mereka berobat di klinik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dari word of mouth dan terpaan media terhadap keputusan konsumen berobat di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”. Dan pengaruh tidak langsung dari word of mouth dan terpaan media melalui variabel sikap terhadap keputusan konsumen berobat di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”. Sementara itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi (information integration theory) dari Martin Fishbein. Menurut teori ini pelaku komunikasi berpusat pada cara seseorang mengumpulkan dan mengatur informasi tentang semua orang, objek, situasi, dan gagasan yang membentuk sikap untuk bertindak dengan cara yang positif atau negatif. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung dari word of mouth terhadap keputusan konsumen berobat di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”. Sementara itu terpaan media tidak memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan konsumen, namun tetap memiliki pengaruh tidak langsung melalui variabel sikap terhadap keputusan konsumen berobat di Klinik Saintifikasi Jamu “Hortus Medicus”. Kata Kunci: Word of mouth, terpaan media, sikap, pengobatan tradisional, analisis jalur.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 18:27
    Last Modified: 19 Apr 2014 18:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12356

    Actions (login required)

    View Item