HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X ASRAMA SMA MTA SURAKARTA

Mardani, Irzia Roshida (2013) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X ASRAMA SMA MTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (578Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alternatif pendidikan yang ditawarkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di antaranya adalah sekolah asrama. Siswa kelas X yang memasuki sekolah asrama menghadapi perubahan dalam dirinya tanpa orang tua di lingkungan baru yang menuntut siswa untuk hidup mandiri. Perubahan tersebut dapat menimbulkan stres pada masa awal sekolah. Penyesuaian diri diperlukan untuk dapat mengatasi kebutuhan dalam dirinya, sehingga terwujud keselarasan antara tuntutan dalam diri dengan harapan lingkungan sekitar. Perilaku asertif adalah pengekspresian hak-hak pribadi secara positif yang juga menghargai hak orang lain. Adanya perilaku asertif dalam diri siswa dapat meningkatkan hubungan antarpribadi dan interaksi dengan orang lain, sehingga tercipta penyesuaian diri yang baik pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X asrama SMA MTA Surakarta sejumlah 68 siswa. Sampling penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian diri dengan jumlah aitem valid 26 butir dan reliabilitas 0,854 serta skala perilaku asertif sejumlah 29 aitem valid dengan reliabilitas 0,879. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment Pearson, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,505; p = 0,000 (p < 0,05), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X asrama SMA MTA Surakarta. Semakin positif perilaku asertif, maka akan semakin tinggi penyesuaian diri pada siswa kelas X asrama SMA MTA Surakarta. Kontribusi perilaku asertif terhadap penyesuaian diri pada siswa kelas X asrama SMA MTA Surakarta sebesar 25,5%. Kata kunci: perilaku asertif, penyesuaian diri, siswa sekolah asrama. ABSTRACT Boarding school is one of offered alternatives of education that produces human resources with quality. Students of class X who enter a boarding school faced the changes without their parents in new environment that needs students to live independently. These changes can make stresses in the early school. Adapting their selves are necessary to solve their needs in their selves because it created a harmony between their demands with the environment hopes which surrounding of them. Assertive behavior is the expression of personal rights in a positive way that also respects the rights of others. The presence of assertive behavior in student self can improve interpersonal relationships and interactions with others. So, it can create positive adaptation to students. This study was quantitative correlation that the goal was to know the relationship between the assertive behaviors . The samples in this study were 68 students of class X of SMA MTA Surakarta boarding school. Sampling of this study was cluster random sampling. The instrument used was the scale of the adjustment to the number of 26 valid aitem with 0.854 and scale reliability assertive behavior aitem valid number 29 with reliability of 0.879. Data analysis used Pearson product moment correlation technique, the value of the correlation coefficient (r) of 0.505, p = 0.000 (p <0.05), meaning that there was a significant positive relationship between assertive behavior with adjustment in class X MTA Surakarta boarding school. The more positive assertive behavior, so will be higher the adjustment in class X MTA Surakarta boarding school. Contribution of the adjustment toward assertive behavior in class X MTA Surakarta boarding school is 25.5%. Key words: assertive behavior, adjustment, boarding school student

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:50
    Last Modified: 03 May 2014 17:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12352

    Actions (login required)

    View Item