Pengembangan Model Pendidikan Empat Pilar Bangsa dan Wawasan Kebangsaan untuk Menurunkan Ikatan Primordialisme Masyarakat Akar Rumput dalam Menciptakan Kehidupan Beragam Menuju Terwujudnya Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial di Kota Surakarta

Haryono, Bagus and Sulistyo, Edy Tri and Zuber, Ahmad (2012) Pengembangan Model Pendidikan Empat Pilar Bangsa dan Wawasan Kebangsaan untuk Menurunkan Ikatan Primordialisme Masyarakat Akar Rumput dalam Menciptakan Kehidupan Beragam Menuju Terwujudnya Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial di Kota Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Tujuan jangka panjang penelitian ini untuk Pengembangan Model Pendidikan Empat Pilar Bangsa dan Wawasan Kebangsaan pada masyarakat akar rumput (grass root level), agar dapat lebih menjamin terwujudnya Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial di Kota Surakarta. Integrasi Nasional tetap ditempatkan dalam konteks Indonesia, namun persoalan difokuskan di kota Surakarta, yang telah dikenal sebagai daerah sumbu pendek. Kelurahan Sudiroprajan dipilih karena dikenal sebagai daerah yang berhasil melakukan asimilasi alamiah. Integrasi sosial dijelaskan dengan pendekatan integrasionisnya Horton dan Hunt, yang melibatkan sub-sistem ideologi, cross-cuting affiliation & ketergantungan ekonomi. Integrasi budayanya menggunakan cultural hybridization dari Shin. Dimensinya meliputi fungsional (ekonomi), struktural (normatif & politik), suku, dan budayanya Parsons, Werner S Lendecker, Amitae Etzioni, dan Zamroni. Penelitian ini dirancang dalam 2 tahun. Tahun I untuk menemukan draft modelnya, dan tahun ke II untuk uji coba dan implementasi pengembangan Modelnya. Tahun I bermaksud memetakan Integrasi/Dis-Integrasi Cina-Jawa golongan bawah/ Grass Root di Kelurahan Sudiroprajan-Surakarta. Penelitian ini menggunakan mixed method, dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data tahun I dilakukan dengan tehnik Pengamatan, survey, Wawancara, FGD, Participatory Action Research (PAR) awal; khususnya untuk menghasilkan draft Pengembangan Model Pendidikan dan draft Pengembangan Model Pemberdayaan yang berbasis local wisdom, serta menghasilkan tulisan yang dikirimkan ke Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional. Analisis data untuk tahun I dengan eksploratif, deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta Confirmatory Factor Analysis (CFA). Untuk tahun II dengan menggabungkan analitis kuantitatif dan kualitatif, agar dapat menghasilkan pengembangan Model Pendidikan dan Pemberdayaan, Uji Coba Model Pendidikan dan Pemberdayaan, Implementasi Model Pendidikan dan Pemberdayaan yang berbasis local wisdom yang dihasilkan pada tahun I, serta menghasilkan tulisan yang dimuat dalam Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional. Levelnya dipilih masyarakat akar rumput, karena dinilai rentan dimobilisasi dalam berbagai kerusuhan. Model pendidikan dan model pemberdayaan dilakukan melalui model pendidikan partisipatif, dengan mengutamakan musyawarah, atau dialog. Target khusus atau yang menjadi komitmen utamanya ditujukan bagi kepentingan kaum marjinal. Temuan penelitian menunjukkan Draft Model Integrasi sosial mengikuti pendekatan integrasionis, yang bertumpu pada integrasi secara alamiah. Draft Model pendidikan cenderung mengikuti perspektif Paulo Freire yang menjadi jalan keluar bagi kaum marginal, dengan tetap mengedepankan pendidikan partisipatif, serta menerapkan metode pembuatan keputusan secara demokratis - yang mengutamakan musyawarah, atau dialog. Draft Model pemberdayaan cenderung mengikuti pemberdayaan berbasis komunitas. Variabel yang menonjol adalah Pendidikan Nilai Demokrasi yang Partisipatif, menguatkan ideologi kebangsaan; menekan ikatan Primordialisme Grass Root, dan draft Aksi non Prejudice, non Diskriminatif ternyata memiliki potensi mengintegrasikan. Empat Pilar Bangsa pada masyarakat akar rumput terbatas dipahami dalam koherensinya dengan kebutuhan primernya.

    Item Type: Article
    Subjects: J Political Science > JC Political theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 18:23
    Last Modified: 19 Apr 2014 18:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12351

    Actions (login required)

    View Item