HUBUNGAN KECEMASAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAKTERIOLOGI PADA MAHASISWA ANALIS KESEHATAN

Astuti, Tri Dyah (2013) HUBUNGAN KECEMASAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAKTERIOLOGI PADA MAHASISWA ANALIS KESEHATAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar belakang ilmu bidang kesehatan terdiri dari berbagai macam jurusan, salah satunya adalah Analis Kesehatan. Sebagai Analis Kesehatan haruslah memiliki berbagai ketrampilan dan pengetahuan sehinga mampu menganalisis suatu hasil pemeriksaan ,serta memiliki kemampuan dalam pemilihan dan pengambilan sampel pemeriksaan untuk menegakkan diagnose penyakit dan menegakkan penyebab dari suatu gejala penyakit. Mata kuliah bakteriologi sangatlah penting bagi mahasiswa Analis Kesehatan, karena pemeriksaan yang dilakukan sangatlah sering dilakukan dalam menegakkan suatu penyebab dari penyakit. Tujuan penelitian ini : 1). Untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. 2). Untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. 3). Untuk mengetahui hubungan kecemasan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian crosss sectional dan teknik analisis data mengunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta dengan jumlah Mahasiswa 55 orang. Sampel dalam penelitian ini dimbil dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa :1). Ada hubungan yang kuat antara kecemasan dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Unversitas Setia Budi Surakarta dengan nilai signifikan 0.952 > 0.05. 2). Ada hubungan yang kuat antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis kesehatan Unversitas Setia Budi Surakarta dengan nilai signifikan 0.973> 0.05. 3). Ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bakteriologi pada mahasiswa semester IV D-III Analis Kesehatan Unversitas Setia Budi Surakarta dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Kata Kunci : Kecemasan, kemandirian belajar, hasil belajar ABSTRACT The background of study, Health science consists of various departments, one of them is the analyst. As a health analyst should have a variety of skill and knowledge so can analyze the results of the examination, the ability to choose and take the tests sample to establish the diagnosis of dieses and uphold the cause itself. Bacteriology class is important for healt analyst studens, because bagteriological tests is done very often to establish the diagnosis in a disease. The purposes of this reseach are : 1). Determine the relation of anxiety with the results of bacteriological in DIII fourth semester student of univercity Health Analyst Setia Budi Surakarta. 2). Determinethe relationship with the independent learning on student bacteriology result learningof fourth semester in DIII Health Analyst Setia Budi University of Surakarta. 3). Determinethe relationship of anxiety and independent learning with the bacteriology learning result in the fourth semester student at the DIII Health Analyst Setia Budi University of Surakarta. The result of reseach that : 1). There is a strong relationship between anxiety by bacteriology learning result in fourth semester students at the D III health analyst of university setia budi surakarta with the significant value 0,952>0,05. 2). There is a strong relationship between independent learning with the learning bacteriology result of the in fourth semester students at the D III analyst of setia budi surakarta university with significant value of 0,973>0,05 3). There is a significant relationship between anxiety and independent learning with the learning bacteriology result of the fourth semester students at the DIII health analyst of setia budi surakarta university significant value 0,000 < 0,05 Keyword : anxiety, independent learning, result

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:50
    Last Modified: 03 May 2014 17:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12342

    Actions (login required)

    View Item