Pemetaan Model Pendidikan Dasar Gratis sebagai Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Negara dalam Rangka Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Madalina, Maria and Achmad, and Maharani, Andina Elok Puri (2012) Pemetaan Model Pendidikan Dasar Gratis sebagai Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Negara dalam Rangka Harmonisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Konstitusi mengamanatkan bahwa pemerintah wajib membiayai pendidikan dasar warga negara. Program bantuan pendidikan digulirkan untuk pelaksanaan pendidikan gratis tersebut, namun memungkinkan bagi setiap daerah memiliki interpretasi berbeda terhadap pengelolaan bantuan guna penyelanggaraan pendidikan gratis. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan prinsip-prinsip pendidikan dasar gratis, menjelaskan kebijakan pemerintah pusat dalam mewujudkan hak konstitusional warga negara untuk mendapatkan pendidikan dasar gratis di Indonesia, menjelaskan kebijakan pemerintah daerah dalam mewujudan hak konstitusional warga negara untuk mendapatkan pendidikan dasar gratis Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan data primer melalui observasi atau survey lapangan, wawancara dan studi pustaka. Data dianalisis dengan menggunakan metode hermeneutik (interpretasi) disamping deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah pusat untuk mewujudkan pendidikan gratis lebih difokuskan kepada siswa yang masuk pada sekolah terbuka /negeri dan ditujukan kepada seluruh siswa miskin yang ada di sekolah negeri/swasta. Ditingkat daerah, kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui perumusan APBD untuk bantuan operasional sekolah hingga tingkat SMA serta membentuk Perda tentang Penyelenggaraan pendidikan. Kebijakan Kota Surakarta melalui pembentukkan Perda tentang Pendidikan, mengeluarkan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) dan sekolah plus untuk warga miskin.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 18:01
    Last Modified: 28 Apr 2014 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12335

    Actions (login required)

    View Item