STUDI AKAN PENGGUNAAN KOMPUTER BRAILLE PADA PEMBELAJARAN ANAK TUNA NETRA PADA MAHASISWA PLB FKIP UNS

Rejeki, Dewi Sri and Hermawan, (2014) STUDI AKAN PENGGUNAAN KOMPUTER BRAILLE PADA PEMBELAJARAN ANAK TUNA NETRA PADA MAHASISWA PLB FKIP UNS. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (37Kb) | Preview

    Abstract

    The study on the use of Braille Computer for students learning aims at (1) knowing the possibility of Braille Computer to be used in Special Education Department (2) knowing the degree of students’ skills to access to Braille Computer. The sample of this research was 50 students of Semester 6 Special Education Department, FKIP UNS. It is a descriptive qualitative research, the data of which was collected through questionnaire and analyzed by means of interactive model. The results show that the students’ skill on Braille Computer was described as follows; 22 students (43%) got score of 80-100, 23 students (46%) got score of 70-79, 4 students (11%) got score 60-69, and no studnets got score below 60. This fact proved that most studnets of Special Eduaction FKIP UNS are capable and skilful to use Braille Computer for teaching and facilitating the students with visual impairment. Key words: Braille Computer, visual impairment, teaching and learning ABSTRAK Studi akan penggunaan komputer braille padapembelajaran anak tuna netra pada mahasiswa PLB FKIP UNS tujuan: (1) Untuk mengetahui apakah pelatihan dan pembelajaran komputer braille di prodi PLB telah diterapkan (2)Untuk mengetahui tingkat ketersediaan komputer braille dengan ratio mahasiswa(3) Untuk mengetahui sejauhmana mahasiswa mengakses komputer braille? Dalam penelitian ini dipergunakan bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, sebab memaparkan obyek-obyek yang diteliti yaitu berupa orang dengan berdasarkan fakta aktual pada masa sekarang.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif (interactive model of analysis) Dengan melihat hasil test pada pembelajaran komputer braille dapat di simpulkan bahwa (a). Yang mendapat nilai dengan rentang skor 800-100sebanyak14mahasiswa ,(b). Yang mendapat nilai dengan rentang skor 70-79 sebanyak 16 mahasiswa.(c)Yang mendapat nilai dengan rentang skor 60-69 sebanyak 4 mahasiswa.(4)Yang mendapat nilai dengan rentang skor 50-59 sebanyak 0 mahasiswa. Dari data nilai yang di peroleh mahasiswa pada pembelajaran komputer braille dapat dibuat ratio yaitu:(1)yang mendapat skor A adalah sebesar 43 %(2)yang mendapat skor B adalah sebesar 46%(3)yang mendapat skor C adalah sebesar 11 %(4)yang mendapat skor D adalah sebesar 0 %. Hal ini membuktikan bahwa rata-rata mahasiswa mampu dan termpil dalam pengoperasian komputer braille.Skor 50-59 atau dengan nili D tidak ada sehingga tujuan pembelajaran komputer braille berhasil di capai mahasiswa pada Program studi Pendidikan Luar Biasa FKIP UNS. Kata Kunci: Komputer Braille, pembelajaran tunanetra, mahasiswa PLB FKIP UNS

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:54
    Last Modified: 11 Oct 2016 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12326

    Actions (login required)

    View Item