Model Kaderisasi Anggota Partai Politik dengan Metode State Minded in Action dalam Rangka Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa

Suranto, and Maharani, Andina Elok Puri (2012) Model Kaderisasi Anggota Partai Politik dengan Metode State Minded in Action dalam Rangka Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Pola kaderisasi dan rekruitmen anggota partai politik dinilai instan sehingga kulitas kader menurun, dalam jangka panjang akan melemahkan kualitas parlemen. Partai politik memerlukan sebuah gagasan kebangsaan untuk melakukan treatment terhadap kader partai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model kaderisasi anggota parpol yang selama ini dilaksanakan oleh parpol ditinjau dari pola rekruitmen dan pembinaanny, menganalisis permasalahan yang terjadi terkait dengan kualitas kader parpol, membuat formulasi ideal Model Kaderisasi Anggota Partai Politik dengan Metode State Minded In Action Dalam Rangka Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa Adapun metode yang digunakan, Penelitian ini merupakan penelitian hukum dengan spesifikasi sebagai penelitian hukum empiris. instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan observasi yang didukung dengan data kepustakaan, kemudian dilakukan studi atau penelitian lapangan (field research) dalam bentuk wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan model interaktif. Dari hasil penelitian diketahui Pola rekruitmen dan pembinaan kader yang selama ini dilaksanakan oleh partai politik di kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo dengan sampel Partai Demokrat, Golkar, PDI Perjuangan, PAN dan PKS adalah melalui rekruitmen secara terbuka. Partai melaksanakan kegiatan rutinitas partai yang sifatnya individual partai sehingga kurang dapat membina rasa persatuan nasional dan rasa nasionalisme. Permasalahan yang muncul beberapa diantaranya adalah anggota parpol yang berpindah-pindah parpol, rendahnya kualitas kader yang jangka panjangnyab melemahkan kualitas parlemen. Perumusan model state minded in action memberikan jawaban untuk meningkatkan rasa nasionalisme kader dengan upaya preventif melalui pendidikan formal, informal dan yuridis serta dengan upaya represif, progresif serta pembinaan aspek ideologi dan aspek politik.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:41
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12313

    Actions (login required)

    View Item