UPAYA MENGENALI KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI ASESMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS 3 SD NEGERI 12 SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012

H. P., Yosy Rosita Dian (2013) UPAYA MENGENALI KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI ASESMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS 3 SD NEGERI 12 SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (510Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Yosy Rosita Dian Hana Pertiwi NIM.K5108079. UPAYA MENGENALI KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI ASESMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS 3 SD NEGERI 12 SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk : a) mengetahui tingkat ketrampilan membaca siswa kelas 3 SD N 12 Sragen, b) mengetahui sejauh mana asesmen berperan dalam mengidentifikasi anak berkesulitan membaca pemahaman, c) mengetahui jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca pemahaman, d) memprediksi penyebab-penyebab siswa mengalami kesulitan belajar membaca pemahaman, dan e) memprediksi tindak lanjut pembelajaran yang cocok diberikan bagi anak berkesulitan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD di SD Negeri 12 Sragen yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu triangulasi data ( observasi, wawancara, dan dokumen ). Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan mengalir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diadakannya asesmen, terlihat bahwa kemampuan siswa dalam menjawab dan memahami isi bacaan masih rendah, asesmen berperan penting dalam pelaksaanaan identifikasi anak berkesulitan belajar membaca pemahaman. Ada 13 dari total 50 siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penyebab anak-anak tersebut mengalami kesulitan belajar adalah karena faktor keluarga(7%), faktor ekonomi(15%), kelainan fisik(7%), IQ rendah (15%), malas (30%), dan gejala serbaneka (23%). Selanjutnya, tindak lanjut yang digunakan adalah dengan melakukan remedial akademik atau Program Pengajaran Individual (PPI). Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa asesmen padananak berkesulitan belajar membaca penting untuk mengenali ketrampilan membaca pemahaman siswa kelas 3 SD Reguler di Kecamatan Sragen ,Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2011/2012, sehingga dapat ditentukan kemudian program belajarnya. Kata kunci : asesmen, kesulitan belajar, membaca pemahaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:42
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12311

    Actions (login required)

    View Item