ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE AHP, TOPSIS, DAN AHP-TOPSIS DALAM STUDI KASUS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA PROGRAM AKSELERASI

PURNOMO, ESTINING NUR SEJATI (2013) ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE AHP, TOPSIS, DAN AHP-TOPSIS DALAM STUDI KASUS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA PROGRAM AKSELERASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (100Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE AHP, TOPSIS, DAN AHP-TOPSIS DALAM STUDI KASUS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA PROGRAM AKSELERASI ESTINING NUR SEJATI PURNOMO Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem berbasis komputer interaktif yang membantu pengambil keputusan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini membandingkan antara tiga metode SPK yaitu AHP, TOPSIS, dan AHP-TOPSIS dengan mengambil studi kasus mengenai seleksi penerimaan siswa program percepatan belajar (akselerasi) di SMP Negeri 1 Wonogiri berdasarkan empat kriteria, yaitu nilai UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional), nilai TPA (Tes Potensi Akademik), nilai tes psikotes (IQ), dan nilai prestasi berupa piagam. Penelitian ini menerapkan analisis perbandingan dengan menggunakan Hamming Distance dan Euclidean Distance. Parameter yang dipakai yaitu hasil perangkingan sekolah dan peringkat rapor siswa akselerasi untuk melihat kesesuaian hasil dengan ketetapan sekolah dan nilai rapor siswa akselerasi untuk melihat tingkat keberhasilan dan juga sebagai parameter untuk menentukan metode rekomendasi. Hasil yang diperoleh yaitu untuk Hamming Distance ketiga metode terhadap hasil perangkingan sekolah, didapatkan metode AHP-TOPSIS menjadi urutan terbaik dengan prosentase 96.02%. Untuk parameter Hamming Distance ketiga metode terhadap peringkat rapor siswa akselerasi diperoleh bahwa metode TOPSIS menjadi metode terbaik dengan prosentase 84.21%. Merujuk pada hasil Euclidean Distance ketiga metode terhadap nilai rapor, metode AHP menjadi metode terbaik dengan nilai 0.47367. Oleh karena itu, berdasarkan parameter nilai rapor yang melihat mengenai tingkat keberhasilan siswa akselerasi dan juga sebagai parameter untuk menentukan metode rekomendasi, maka metode AHP menjadi metode rekomendasi terbaik yang diberikan kepada pihak sekolah dalam studi kasus penerimaan siswa program akselerasi. Kata Kunci : AHP, akselerasi, penerimaan siswa, sistem pendukung keputusan, TOPSIS COMPARATIVE ANALYSIS USING AHP, TOPSIS, AND AHPTOPSIS IN CASE STUDY OF DECISION SUPPORT SYSTEM OF ACCELERATION PROGRAM SELECTION ESTINING NUR SEJATI PURNOMO Department of Informatics. Mathematic and Natural Science Faculty. Sebelas Maret University ABSTRACT Decision Support System (DSS) is an interactive computer-based system using data and model for assisting decision makers to solve a problem. This research compared three DSS methods, AHP, TOPSIS and AHP-TOPSIS, using acceleration program selection in SMP Negeri 1 Wonogiri as its case study. This research used four criterias, which are UASBN, TPA, IQ, and achievement scores. This research applied a comparative analysis using Hamming Distance and Euclidean Distance. In this comparative analysis, there are three parameters used, the result of school rank, acceleration student rank, and acceleration student grades. The purpose using result of school rank and acceleration student rank is to see the outcome of conformity with the decision of the school. The purpose using acceleration student grades is to see the level of success as well as the parameters to determine the method of recommendation. The results of Hamming Distance between DSS methods and school rank shows AHP-TOPSIS become the best method with a percentage of 96.02%. For Hamming Distance between DSS methods and acceleration student rank shows TOPSIS become the best method with the percentage of 84.21%. The results of Euclidean Distance between DSS methods and acceleration student grades show AHP as the best method with the value of 0.47367. Therefore, because of the recommendation based on the result of acceleration student grades, so AHP become the recommendation method which given to school in the case study of accelerated program selection. Keyword : acceleration program, AHP, decision support system, student selection, TOPSIS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:14
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12303

    Actions (login required)

    View Item