PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Fathiyati, Riyana and Utami, Runtut Prih (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 211-217.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (221Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia, serta untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran biologi yang telah dikembangkan. Media ini disusun menggunakan program Macromedia Flash Professional 8. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Tahap -tahap pengembangan prosedural antara lain tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian produk. Pengembangan media pada penelitian ini dinilai oleh 4 guru biologi SMA/MA dan satu kelas siswa S MA N 8 Yogyakarta. Penilaian kualitas media pembelajaran berdasarkan pada kriteria kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep, bahasa yang digunakan, kemudahan mengoperasikan, keterlaksanaan, tampilan, dan evaluasi. Hasil penilaian dari 4 orang guru SMA/MA dan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan diperoleh skor rata-rata 100,75 dari nilai maksimal ideal 115 dengan presentase keidealan 87,6% sedangkan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut adalah 88,07% dengan skor yang diperoleh 916 dari skor maksimal 1040 dan mempunyai kategori sangat baik (SB). Hasil minat siswa diperoleh skor 1187 dari skor maksimal 1560 dengan presentase keidealan 79,13% dan mempunyai kategori baik (B). Berdasarkan penilaian guru biologi dan respon siswa tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk SMA/MA. Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Sistem Reproduksi Manusia.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:36
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12300

    Actions (login required)

    View Item