KAJIAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MATERI HUBUNGAN KEKERABATAN PADA MATA KULIAH TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI

Indah, Novita Kartika and , Wisanti and Lisdiana, Lisa (2012) KAJIAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MATERI HUBUNGAN KEKERABATAN PADA MATA KULIAH TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 158-164.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (382Kb) | Preview

    Abstract

    Banyak mahasiswa yang mengalami kesalahan konsep pada saat memprogram skripsi tentang keanekaragaman hayati terutama mengaplikasikan materi hubungan kekerabatan. Pengertian konsep dan penerapan konsep dalam perkuliahan Taksonomi Tumbuhan Tinggi/TTT tidak berbekas. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa m asih tidak dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh. Dengan munculnya permasalahan ini tampak bahwa kompetensi yang diharapkan dimiliki mahasiswa tidak muncul dalam jangka panjang (longterm memory). Dari fakta di atas, pertanyaan yang muncul adalah “Bagaimanakah sebaiknya proses pembelajaran TTT terutama materi hubungan kekerabatan agar pengetahuan yang telah diperolah pada mata kuliah TTT dapat bertahan lama dalam benak mahasiswa?” Oleh karena itu perlu dirancang proses pembelajaran TTT yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu cara agar pengetahuan dapat bertahan lama dalam benak mahasiswa yaitu memberikan tugas yang menantang kemampuan mahasiswa dan memberi kesempatan bekerjasama. Pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi hal tersebut adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Kajian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang dianalisis secara deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2010 yang berjumlah 41 mahasiswa. Hasil penerapan menunjukkan bahwa nilai tugas proyek yang terdiri dari tahap perencanaan, persiapan, koleksi, pembuatan laporan dan seminar hasil memiliki nilai yang baik dan mahasiswa mempunyai respon positif terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci : pembelajaran, berbasis proyek, hubungan kekerabatan, TTT.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:38
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12291

    Actions (login required)

    View Item