PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) MENGGUNAKAN EKSPERIMEN SEDERHANA DAN EKSPERIMEN TERKONTROL DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Budiati, Herni and , Sugiyarto and , Sarwanto (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) MENGGUNAKAN EKSPERIMEN SEDERHANA DAN EKSPERIMEN TERKONTROL DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 149-157.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (359Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) menggunakan metode eksperimen sederhana dan eksperimen terkontrol, keterampilan metakognitif, gaya belajar dan interaksinya terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling yang terbagi dalam dua kelas eksperimen. Kelas VIII A diberi perlakuan model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen sederhana dan kelas VIII B dengan model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen terkontrol. Data diperoleh melalui observasi keterampilan proses sains aspek afektif dan psikomotor, tes keterampilan proses sains aspek kognitif, inventori keterampilan metakognitif, dan an gket gaya belajar. Pengujian hipotesis menggunakan ANAKOVA dengan desain faktorial 2x2x2. Penelitian ini menyimpulkan: 1. model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen terkontrol lebih baik dalam mempengaruhi keterampilan proses sains dibandingkan metode eksperimen sederhana; 2. tidak ada pengaruh keterampilan metakognitif tinggi dan rendah terhadap keterampilan proses sains; 3. tidak ada pengaruh gaya belajar visual dan kinestetik terhadap keterampilan proses sains; 4. tidak ada pengaruh interaksi antara model POE menggunakan metode eksperimen sederhana dan terkontrol dengan keterampilan metakognitif terhadap keterampilan proses sains; 5. tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen sederhana dan terkontrol dengan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains; 6. tidak ada pengaruh interaksi antara keterampilan metakognitif dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains; 7. interaksi antara model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen terkontrol, keterampilan metakognitif tinggi dan gaya belajar visual memberi pengaruh paling baik terhadap keterampilan proses sains. Kata kunci : POE, metode eksperimen sederhana dan terkontrol, keterampilan metakognitif, gaya belajar, keterampilan proses sains

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 19 Apr 2014 17:38
    Last Modified: 19 Apr 2014 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12290

    Actions (login required)

    View Item