LESSON STUDY DALAM PERKULIAHAN BIOLOGI UMUM DENGAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES-BASED INSTRUCTION UNTUK CHARACTER BUILDING

Subiantoro, Agung W and , Paidi and Ariyanti, Nur Aeni (2012) LESSON STUDY DALAM PERKULIAHAN BIOLOGI UMUM DENGAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES-BASED INSTRUCTION UNTUK CHARACTER BUILDING. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 90-96.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (425Kb) | Preview

    Abstract

    Telah dilakukan kegiatan Lesson Study (LS) dalam rangka pengembangan kompetensi pendidik bidang biologi di perguruan tinggi untuk agar mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran biologi yang berorientasi pada character building sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara spesifik, fokus pencapaian kegiatan LS ini adalah: 1) pengembangan kemampuan dosen biologi dalam mengembangan dan mengimplementasikan pembelajaran biologi umum dengan socioscientific issues-based instruction secara kolegial dalam tim LS, dan 2) menumbuhkembangkan karakter peduli dan reflective judgement mahasiswa pendidikan kimia dalam konteks ilmu biologi umum. Prosedur pelaksanaan LS ini mengikuti tahap-tahap plan-do-see, yang dilaksanakan sebanyak tiga putaran. Instrumen yang digunakan meliputi: 1) perangkat pembelajaran biologi umum berbasis socioscientific issues, 2) lembar pengamatan aktivitas dosen, 3) lembar pengamatan aktivitas belajar mahasiswa, dan 4) lembar penilaian reflective judgment. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan LS menunjukkan adanya dinamika, tantangan dan hambatan yang dialami baik oleh dosen model maupun subjek mahasiswa. Kata kunci: lesson study, biologi umum, socioscientific issues, character building

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:23
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12283

    Actions (login required)

    View Item