POTENSI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH MENENGAH BERKEMAMPUAN AKADEMIK RENDAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Basith, Abdul (2012) POTENSI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH MENENGAH BERKEMAMPUAN AKADEMIK RENDAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 84-89.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (320Kb) | Preview

    Abstract

    Pembenahan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia menjadi hal yang terus dilakukan oleh pemerintah maupun praktisi pendidikan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Diantaranya adalah peraturan penyelenggaraan satuan pendidikan bertaraf internasional. Pengelompokkan sekolah saat ini berpeluang memunculkan permasalahan baru di dunia pendidikan, yaitu semakin termarjinalkannya kelompok peserta didik berkemampuan akademik rendah. Akibat yang terjadi adalah polarisasi antara kelompok SMA berkualifikasi tinggi dengan siswa berkemampuan akademik tinggi dan SMA berkualifikasi rendah dengan siswa berkemampuan akademik rendah. Permasalahan yang demikian diantaranya dapat diringankan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang terbukti dapat memberdayakan keterampilan metakognitif peserta didik berkemampuan akademik rendah. Salah satu strategi yang berpotensi membantu memberdayakan keterampilan peserta didik adalah Reciprocal Teaching (RT). Implementasi strategi RT pada pembelajaran biologi diharapkan dapat membantu memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sekolah menengah yang diikuti dengan pemahaman konsep biologi yang lebih baik. Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching (RT), kemampuan akademik rendah, keterampilan metakognitif, pemahaman konsep, pembelajaran biologi.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 20 Apr 2014 02:24
    Last Modified: 20 Apr 2014 02:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12282

    Actions (login required)

    View Item