GAMBARAN HIRADC PADA UNIT AMONIAK PRODUKSI I SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI PT PETROKIMIA GRESIK

Faradina, Zara Dea (2013) GAMBARAN HIRADC PADA UNIT AMONIAK PRODUKSI I SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI PT PETROKIMIA GRESIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2323Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan : mengetahui gambaran Hazard Identification Risk Assesment and Deterimining Control (HIRADC) pada unit Amoniak Produksi I sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di PT Petrokimia Gresik. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggambarkan proses Hazard Identification Risk Assesment and Deterimining Control pada unit Amoniak Produksi I sehingga potensi bahaya dan faktor bahaya yang ada dapat dikendalikan sampai batas aman yang dapat diterima di PT Petrokimia Gresik. Hasil : Terdapat potensi bahaya dan faktor bahaya sehingga diperlukan Hazard Identification Risk Assesment and Deterimining Control . Dapat dilakukan pengendalian bahaya dan risiko sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan menurun. Hasil yang didapat kemudian dibandingkan dengan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Undamg-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Simpulan : Perusahaan telah melaksanakan proses Hazard Identification Risk Assesment and Deterimining Control sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kecelakaan sesuai dengan OHSAS 18001:2007 dan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012. Saran yang diberikan adalah sebaiknya setiap tindakan pengendalian harus dilaksanakan secara teratur dan konsisten serta selalu dilakukan evaluasi dengan setiap perubahan yang ada. Kata Kunci : Hazard Identification Risk Assesment and Deterimining Control *) Mahasiswa Prodi Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. *) Prodi Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 19 Apr 2014 08:01
    Last Modified: 19 Apr 2014 08:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12238

    Actions (login required)

    View Item